Festival Bubur Suro 2023 dibanjiri wisatawan

id Pemkot Pekalongan ,Festival Bubur Suro

Festival Bubur Suro 2023 dibanjiri wisatawan

Panitia Festival Bubur Suro yang diinisiasi warga Kelurahan Krapyak Kota Pekalongan bersiap memikul gunungan bubur sura yang akan dibagikan pada warga secara gratis, Ahad (23/7/2023). (ANTARA/Kutnadi)

Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengajak masyarakat terus melestarikan tradisi Festival Bubur Suro sebagai ajang membangun tali silaturahmi serta mengembangkan potensi, kreativitas, dan budaya di daerah itu.

Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin pada acara penutupan Festival Bubur Suro di Pekalongan, Minggu, mengatakan Festival Bubur Suro bisa menumbuhkan perekonomian warga karena di sela kegiatan banyak pedagang yang berjualan.

"Oleh karena itu, tradisi yang sudah berlangsung turun-temurun ini harus terus dilestarikan oleh warga setempat. Adanya kegiatan ini maka masyarakat semakin guyub, kompak, dan bersatu," katanya.

Salahudin menyampaikan apresiasi pada semua panitia khususnya masyarakat Kelurahan Krapyak yang menginisiasi penyelenggaraan Festival Bubur Suro 2023 yang pada tahun sebelumnya sempat ditiadakan karena pandemi COVID-19.

Bubur suro yang dibagikan pada warga secara gratis itu, kata dia, terbuat dari beras dengan ditambah berbagai bumbu, rempah, jinten, kacang hijau, santan, dan dihiasi dengan irisan mentimun, telur ayam, dan lainnya.