Polres Kulon Progo tindak 1.237 pelanggar lalu lintas pada Operasi Patuh Progo

id Kulon Progo,Polres Kulon Progo,Operasi Patuh Progo

Polres Kulon Progo tindak 1.237 pelanggar lalu lintas pada Operasi Patuh Progo

Kasat Lantas Polres Kulon Progo AKP Johan Rinto Damar Jati. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Personel Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menindak 1.237 pelanggar lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Patuh Progo 2023 yang berlangsung dari Senin (10/6) sampai Minggu (23/7).

Kasat Lantas Polres Kulon Progo AKP Johan Rinto Damar Jati di Kulon Progo, Senin, mengatakan selama dua pekan Operasi Patuh Progo 2023, pihaknya telah menjaring pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas, sehingga dikenakan sanksi berupa tilang.

"Berdasarkan catatan kami di Posko Ops Patuh Progo 2023 Polres Kulon Progo, pelanggaran terbanyak didominasi oleh pengendara sepeda motor roda dua," kata Johan.

Ia mengatakan jajarannya juga memberikan 4.349 teguran kepada pelanggar lalu lintas.

"Teguran ini dilakukan pembinaan supaya mematuhi lalu lintas dengan benar," katanya.

Seperti diketahui Ops Patuh Progo yang dilaksanakan oleh Polri ada tujuh sasaran pelanggaran prioritas. Pelanggaran ini meliputi pemakaian knalpot blombongan, berboncengan lebih dari satu orang khusus bagi pengendara sepeda motor, menggunakan strobo atau sirine.

Johan juga berharap dengan adanya Ops Patuh 2023 pengendara motor bisa mematuhi peraturan serta tertib dalam berlalu lintas. Pelaksanaan operasi bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

“Tentunya kami juga berharap kepada masyarakat untuk memiliki kesadaran tertib berlalu lintas sehingga angka kecelakaan di Kulon Progo bisa terus ditekan," kata Johan.

Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu Triatmi Noviartuti mengatakan khusus pelanggaran anak di bawah umur, Polres Kulon Progo memohon kerja sama kepada orang tua untuk lebih peduli dan tidak mengizinkan anak tersebut berkendara sendiri.

"Anak merupakan aset bangsa, yang perlu kita jaga keselamatannya. Jangan sampai kecelakaan lalu lintas menjadi penghambat cita mereka," katanya.

Noviartuti juga mengingatkan seluruh lapisan masyarakat dukungan positifnya untuk menciptakan budaya tertib berlalu lintas.

"Budaya tertib berlalu lintas merupakan cerminan budaya bangsa," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024