Polres Kulon Progo menggelar Operasi "Ops Mantap Brata" Pemilu 2024

id Polres Kulon Progo,Kulon Progo,KPU Kulon Progo,Pemilu 2024

Polres Kulon Progo menggelar Operasi "Ops Mantap Brata" Pemilu 2024

KPU Kulon Progo audiensi dengan Polres Kulon Progo terkait pengamanan tahapan pelaksanaan Pemilu 2024. (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar operasi terpusat dengan sandi "Ops Mantap Brata" untuk mengamankan seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan lancar, tertib, dan kondusif.

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati di Kulon Progo, Kamis, mengatakan Polres Kulon Progo pada Pemilu 2024 mengamankan 1.302 tempat pemungutan suara (TPS) di daerah ini.

"Rencana Ops Mantap Brata tersebut dilaksanakan mulai 19 Oktober 2023 sampai dengan selesainya tahapan Pemilu 2024," kata Nunuk Setiyowati.

Ia mengatakan hajat besar pesta demokrasi harus disambut dengan sukacita seluruh masyarakat Kulon Progo dan membutuhkan sinergi semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif.

"KPU Kulon Progo telah melakukan pertemuan dengan kami. Audensi ini sangat bermakna untuk tetap menjaga hubungan kerja sama yang baik sampai dengan selesainya Pemilu 2024," katanya.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kulon Progo Hidayatut Thoyyibah mengatakan pada akhir Oktober 2023 akan menyelenggarakan Kirab Pemilu 2024 berbarengan dengan Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo.

"Kirab Pemilu 2024 dilaksanakan selama 5 hari mulai dari 28 Oktober 2023. Untuk hari pertama, KPU Kabupaten Kulon Progo melakukan serah terima bendera parpol dari KPU Kabupaten Bantul di perbatasan wilayah, yaitu di Kapanewon (Kecamatan) Galur selanjutnya dilakukan proses seremonial di Gedung Kesenian Kabupaten Kulon Progo," katanya.

Untuk pelaksanaan tersebut, kata dia, KPU Kabupaten Kulon Progo sangat membutuhkan dukungan berbagai pihak, baik instansi pemerintah, organisasi masyarakat, dan lainnya .

"Kami mengharapkan dukungan pengamanan dari Polres Kulon Progo," katanya.