Ganjar Pranowo miliki pemikiran orisinil memimpin

id Hamid Basyaib ,Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo miliki pemikiran orisinil memimpin

Penulis Hamid Basyaib berikan keterangan kepada wartawan usai peluncuran bukunya yang berjudul "Membedah Pikiran Ganjar" di Jakarta, Kamis (14/9/2023). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Jakarta (ANTARA) - Penulis buku "Membongkar Pikiran Ganjar" Hamid Basyaib menilai mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki pemikiran orisinil serta pemahaman yang baik dalam politik dan pemerintahan.

"Ganjar memiliki pemikiran yang orisinil dalam memahami kondisi masyarakat. Rekam jejak selama 10 tahun memimpin Jateng tidak ada masalah dari segi kebebasan berpolitik," kata Hamid dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Hamid menilai Ganjar merupakan pejuang yang merasakan penindasan di era orde baru dan pengalaman tersebut membuat Ganjar memahami keinginan rakyat dan membuat kebijakan yang pro-rakyat.

"Berdasarkan pengakuan orang-orang di sekeliling Ganjar yang saya wawancarai, Ganjar jarang ke kantor, dia benar-benar turun ke bawah melihat kondisi masyarakat," ujarnya.

Dia menceritakan, Ganjar pada satu tahun pertama memimpin Provinsi Jawa Tengah, melakukan konsolidasi internal di lingkungan pemerintah provinsi. Selanjutnya Ganjar keliling ke seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah sehingga tahu seluk beluk persoalan di provinsi yang jumlah penduduknya terbanyak ketiga di Indonesia itu.

"Dengan karakter yang rajin turun ke bawah itu, Ganjar dengan mudah memenangkan Pilkada Jateng untuk kedua kalinya. Karena tidak mudah memenangkan pilkada di Jateng dengan jumlah penduduk sebanyak 36 juta lebih," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penulis: Ganjar miliki pemikiran orisinil dalam memimpin
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024