Memperkuat moderasi beragama mahasiswa-pelajar via festival pendek

id Balitbang diklat kemenag,Festival film pendek,Moderasi beragama

Memperkuat moderasi beragama mahasiswa-pelajar via festival pendek

Kepala Balitbang Diklat Kemenag Kaban Suyitno saat membuka Festival Film Pendek. (ANTARA/HO-Kemenag)

Jakarta (ANTARA) -
Balitbang Diklat Kementerian Agama menggelar festival film pendek yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa sebagai salah satu instrumen penguatan moderasi beragama di Indonesia.
 
"Harapannya bisa menyasar berbagai lapisan masyarakat, termasuk pencinta film," ujar Kepala Balitbang Diklat Kemenag Amien Suyitno dalam keterangan di Jakarta, Selasa.
 
Gelaran festival film pendek ini hasil kerja sama Balai Litbang Agama (BLA) Jakarta dengan Program Studi Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Selain itu, digelar seminar yang menghadirkan aktor senior Deddy Mizwar, Guru Besar FIB UI Maman Lesmana, dan LD Nahdlatul Ulama Nurul Huda
 
Suyitno mengatakan film menjadi salah satu media yang efektif dalam menyuarakan dan memperkuat moderasi beragama. Lewat film, moderasi beragama diharapkan dapat tertanam di benak masyarakat.

"Kalau kita memproduksi sebuah film dengan tema moderasi beragama yang kental, lalu didiseminasikan dalam jangka waktu tertentu, maka bisa efektif mempengaruhi perilaku moderat di masyarakat," kata dia.

Suyitno mengatakan alasan kerja sama Balitbang Diklat Kemenag dengan FIB UI sebagai mitra strategis, karena banyak mahasiswa yang aktif dan kreatif.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Balitbang Kemenag gelar festival film pendek perkuat moderasi beragama
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024