Pakar sebut bisnis benih hortikultura memiliki prospek menjanjikan

id bisnis benih hortikultura,varietas tanaman,usaha pertanian

Pakar sebut bisnis benih hortikultura memiliki prospek menjanjikan

Pekerja menyiram tanaman bawang merah di lahan perkebunan riset benih sayuran PT East West Seed Indonesia (Ewindo) di Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (2/8). Menurut produsen benih Ewindo, kebutuhan benih hortikultura di Indonesia meningkat pada 2016 yang diperkirakan mencapai 12 ribu ton per tahun karena semakin tingginya permintaan konsumen pada komoditas sayuran dan buah buahan. ANTARA FOTO/Risky Andrianto/aww/16.

Yogyakarta (ANTARA) - Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Profesor Aziz Purwantoro mengemukakan bisnis benih hortikultura di Indonesia memiliki prospek menjanjikan untuk terus dikembangkan sebagai peluang usaha pada sektor pertanian.

"Di bidang pertanian, industri perbenihan ini yang paling menopang. Satu kilo benih saja bisa dijual hingga ratusan ribu rupiah," kata Aziz Purwantoro dalam keterangannya di Yogyakarta, Jumat.

Menurut ia, industri benih hortikultura di Indonesia semakin tumbuh dan berkembang dengan banyaknya jenis varietas baru untuk tanaman sayuran dan buah-buahan yang dirilis ke publik.

"Selama 13 tahun saya menjadi anggota penilai, lebih dari seratus produsen benih yang tumbuh dan telah merilis 400 hingga 500 varietas baru untuk tanaman hortikultura dan sekitar 60-70 persen lebih banyak sayuran," ujar Aziz yang juga anggota Tim Penilai dan Pendaftaran Varietas Hortikultura Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian.

Menurut Aziz, sebagian besar produsen penghasil benih ini didominasi pelaku usaha UMKM yang umumnya pemiliknya adalah orang yang telah lama berkecimpung di perusahaan yang bergerak dalam bidang pertanian.

"Mereka mau berkecimpung dalam bidang pertanian karena industri benih ini tidak membutuhkan modal besar. Mereka umumnya jebolan dari perusahaan, paling tidak tahu soal pemasarannya," kata dia.



Varietas baru yang dirilis oleh produsen benih rata-rata didominasi jenis tanaman sayuran, seperti cabai, terong, bawang merah, serta melon dan semangka untuk tanaman buah.

Untuk melepas jenis varietas baru, kata Aziz, tanaman hortikultura memerlukan waktu pemuliaan tanaman sekitar tiga sampai empat tahun.

"Kadang dua tahun saja bisa karena sayuran itu sekitar tiga sampai empat bulan sudah panen. Umumnya varietas baru ini memiliki keunggulan dari sisi produksi lebih tinggi atau lebih tahan terhadap hama," katanya.

Kepala Pusat Inovasi Agroindustri (PIAT) UGM sekaligus pakar pemuliaan tanaman dari Fakultas Pertanian UGM Prof. Taryono menambahkan setiap varietas baru yang dirilis ke publik hendaknya memberi nilai tambah bagi produk pertanian dan memiliki keunggulan dari tanaman sejenis di pasaran.

"Harus ada sesuatu yang berbeda dari sisi keunggulannya agar kita memiliki kekayaan sumber daya genetik," kata dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bisnis benih hortikultura miliki prospek menjanjikan