DPUPRKP Gunungkidul rehabilitasi jalan Klegung dukung pertumbuhan ekonomi

id Gunungkidul,rehabilitasi

DPUPRKP Gunungkidul rehabilitasi jalan Klegung dukung pertumbuhan ekonomi

Pemkab Gunungkidul komitmen membangun ruas jalan mendukung ekonomi masyarakat. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan rehabilitasi jalan di Padukuhan Klegung, Kalurahan Katongan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah ini.

Kepala Bidang Bina MargaDinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Wadiyana di Gunungkidul, Kamis, mengatakan rehabilitasi jalan di Padukuhan Klegung dikerjakan tahun ini.

"Kami sudah berkontrak, tinggal menunggu jadwal dari AMP (asphalt mixing plant) atau yang masak aspalnya," kata Wadiyana.

Selain perbaikan jalan juga dilakukan pembangunan talud dan sekarang sedang berlangsung. Pengaspalan dan pembuatan talud menggunakan pos anggaran berbeda.

"Saat ini sedang proses pengerjaan," katanya.

Sementara itu, Kepala DPUPRKP Gunungkidul Irawan Jatmiko mengatakan perbaikan infrastruktur jalan di Padukuhan Klegung masuk dalam rencana program kegiatan tahun ini. Anggaran Rp170 juta, dan diperkirakan dapat memperbaiki kerusakan ruas jalan sepanjang 120 meter.

"Tahun berikutnya akan dilakukan pencermatan menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran," kata Irawan Jatmiko.

Sementara itu, Dukuh Klegung Arif Prasetyo mengatakan warga Padukuhan Klegung dijanjikan perbaikan September 2023, namun hingga sekarang belum terealisasi.

Informasi awal pengaspalan di wilayahnya dikerjakan antara Agustus-September 2023. Namun demikian hingga sekarang belum ada tindak lanjut.

"Ini sudah Oktober belum ada tindak lanjut," kata Arif Prasetyo.

Pihaknya mengaku tidak tahu persis detail jadwal pelaksanaan perbaikan jalan di Padukuhan Klegung karena belum ada keterangan dari pihak terkait. Hanya diakui, pada saat ini sedang dilakukan pengerjaan talud di lokasi dari Pemkab Gunungkidul.

"Pengerjaan talud, semoga semoga aspalnya segera turun," katanya.