Pemkab Gunungkidul menyalurkan bantuan beras kepada 4.963 KPM di Paliyan

id bantuan beras,Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul menyalurkan bantuan beras kepada 4.963 KPM di Paliyan

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyerahkan bantuan beras kepada keluarga penerima manfaat. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyalurkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah alokasi Oktober 2023 kepada 4.963 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Paliyan.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Senin, mengatakan di Kecamatan Paliyan, bantuan cadangan beras pemerintah disalurkan di enam kelurahan/desa.

Titik pertama, di Kelurahan Grogol dengan jumlah 397 KPM, dilanjutkan di Kelurahan Pampang 446 KPM, Kelurahan Sodo 667 KPM, Kelurahan Giring 454 KPM, Kelurahan Mulusan 867 KPM, Kelurahan Karang asem 1.151 KPM, dan Kelurahan Karang Duwet 981 KPM.

"Kami berharap bantuan beras ini dapat membantu masyarakat untuk mencukupi kebutuhan beras. Kami juga minta bantuan beras ini tidak dijual kembali," kata Sunaryanta.

Bupati mengatakan bantuan beras cadangan pangan pemerintah tersebut merupakan bantuan program dari Badan Pangan Nasional. Petunjuk penyaluran bantuan berpedoman pada Kepala Badan Pangan Nasional RI Nomor 71/KS.03.03/K/3/2023.

“Setiap keluarga penerima manfaat mendapatkan 10 kilogram. Total alokasi Oktober di Kecamatan Paliyan ini mencapai 4.963 KPM dengan jumlah beras 49,63 ton," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul Rismiyadi mengatakan Bidang Ketahanan Pangan ditunjuk langsung oleh Badan Pangan Nasional untuk monitoring. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan pembagian bantuan dapat berjalan lancar dan tepat sasaran sesuai dengan data penerima.

Monitoring tersebut untuk memastikan bantuan dari pemerintah pusat tersebut terdistribusi dengan baik. "Bantuan langsung diterimakan KPM, tidak bisa diwakilkan," katanya.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024