Pemkab Gunungkidul menyalurkan beras cadangan pemerintah bantu masyarakat

id bantuan beras,Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul menyalurkan beras cadangan pemerintah bantu masyarakat

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyerahkan bantuan beras bagi warga kurang mampu. (ANTARA/Sutarmi)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyalurkan bantuan beras cadangan pemerintah kepada 7.239 keluarga penerima manfaat di Kecamatan/Kapanewon Ponjong yang diharapkan membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Rabu, berharap bantuan beras cadangan ini tidak digunakan untuk membantu orang hajatan atau dijual, tetapi untuk mencukupi kebutuhan keluarga.



"Jangan dijual, apalagi untuk membantu tetangga yang punya hajatan. Beras bantuan ini untuk menyambung hidup, kebutuhan sehari-hari," kata Sunaryanta.

Ia mengatakan, jumlah beras yang didistribusikan kepada KPM di Ponjong sebanyak 62,39 ton.

Adapun rincian penerima bantuan beras, yakni Desa/Kalurahan Bedoyo 494 KPM, Genjahan 600 KPM, Gombang 454 KMP, Karangasem 311 KPM, Kenteng 415 KPM, Ponjong 518 KPM, Sawahan 838 KPM, Sidorejo 1.458 KPM, Sumbergiri 598 KPM, Takbakromo 619 KPM, dan Umbulrejo 935 KPM.

"Penyaluran bantuan beras dipusatkan di masing-masing kantor kalurahan. Masyarakat langsung mengambil beras sesuai dengan bantuan yang diterima," katanya.



Sunaryanta juga memastikan distribusi berjalan dengan baik. Termasuk mekanisme pembagian di lapangan. Bupati berharap seluruh penerima dapat mengambil secara mandiri dan tidak diwakilkan.

"Mekanisme pengambilan harus dilakukan secara teliti sesuai identitas dan daftar penerima," katanya.

Salah satu warga Kalurahan Kenteng,Waitem mengatakan sudah mendapatkan beras bantuan cadangan pangan pemerintah sebanyak dua kali. Bulan September dan Oktober. Dia mendapatkan 10 kilogram dan gratis tidak dipungut biaya apapun.

"Pokoknya terima kasih mendapat perhatian dari pemerintah, mudah mudahan bulan depan dapat lagi," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Gunungkidul salurkan beras cadangan pemerintah bantu masyarakat
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024