Pemkab Gunungkidul bersama swasta selesaikan masalah stunting

id stunting,Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul bersama swasta selesaikan masalah stunting

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menandatangani MoU penanganan stunting dan lingkungan. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan swasta menyelesaikan stunting, perlindungan ekosistem, dan ketersediaan air bersih yang ada di wilayah ini melalui kegiatan "Srawung Program Bunda Mengajar".

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Senin mengatakan perlunya dibangun kerja sama secara dokumenter dan dibagi menjadi empat klaster yang berbeda sehingga ke depan apabila diperlukan dapat dikoordinasikan dengan mudah.

"Kami masih berfokus pada pemenuhan kebutuhan air bersih, bagi daerah yang sudah memenuhi 100 persen baru kita beralih ke pertaniannya," kata Sunaryanta.

Ia berharap ke depan dengan kerja sama yang baik ini dapat dilanjutkan.

"Kami berterima kasih, mudah-mudahan dapat terus berlanjut dan dapat dikembangkan di sektor-sektor yang lainnya," katanya.

Sustainable Development Director, Danone Indonesia Karyanto mengatakan melalui program seperti ini pihaknya ingin memberikan dampak positif yang baik, baik lingkungan maupun masyarakat.

"Sangat bangga bisa berkolaborasi dengan Pemkab Gunungkidul, terkesan dengan penghargaan yang telah diterima oleh Gunungkidul seperti salah satunya tentang penanganan stunting," kata Karyanto.

Ia juga berharap program-program yang baru saja disepakati melalui MoU dapat mendukung Gunungkidul untuk lebih maju,

"harapan kami dari tiga program tersebut dapat disahkan melalui MoU untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat utamanya di Gunungkidul," katanya.

Program pertama yakni pencegahan stunting melalui kegiatan bunda mengajar yang dilaksanakan di Kalurahan Ngalang, Gedangsari dengan memberikan edukasi kepada ibu-ibu melalui posyandu.

"Dan keanekaragaman hayati dengan pengembangan kebun sehat yang dilaksanakan di Kalurahan Karangasem dan ketersediaan air bersih di Gircahyo," katanya.