Ganjar minta pemerintah jamin kebebasan beragama di Indonesia

id Ganjar Pranowo,Tana Toraja,Toleransi,HAM,Pilpres 2024

Ganjar minta pemerintah jamin kebebasan beragama di Indonesia

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Tanah Toraja, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/11/2023). (ANTARA/HO-Tim Media Ganjar Pranowo)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pemerintah harus menjaga kebebasan beragama serta pendirian rumah ibadah sesuai dengan konstitusi dan hak asasi manusia.

"Karena konstitusi kita menjamin mestinya negara melalui pemerintah harus bisa menjalankan itu," kata Ganjar dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Adapun Pasal 28 E ayat (1) UUD 1945 menegaskan bahwa “Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali". Peran negara untuk itu juga dinyatakan pada Pasal 29 Ayat (2), yakni “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduknya untuk memeluk agama”.

Menurutnya, persoalan-persoalan yang masih membutuhkan solusi bisa dikomunikasikan lewat forum kerukunan antar umat beragama (FKUB).

"Dan itu bisa dikomunikasikan dengan forum antar umat beragama. Sehingga dialognya semakin banyak dan rasa-rasanya menjalankan konstitusinya tidak akan sulit. Ya memang butuh saling tukar perasaan," jelasnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar: Pemerintah harus jamin kebebasan beragama
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024