Ketum PSI Kaesang beri kiat-kiat kewirausahaan untuk anak muda

id Kaesang di Jayapura,Kaesang di Papua,Ketua Umum PSI,safari politik Kaesang

Ketum PSI Kaesang beri kiat-kiat kewirausahaan untuk anak muda

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (empat kiri), Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (empat kanan), dan anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka (tiga kanan) berfoto bersama anak-anak binaan Yayasan Panti Asuhan Pondok Putri Kerahiman di Sentani, Jayapura, Papua, Minggu (26/11/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Jayapura (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memberikan kiat-kiat kewirausahaan kepada anak-anak muda binaan Panti Asuhan Pondok Putri Kerahiman di Sentani, Jayapura, Papua, Minggu.

Dalam pertemuannya dengan anak-anak, Kaesang menyampaikan untuk berwirausaha membutuhkan keberanian, kemampuan berinteraksi, inisiatif, aksi, dan kreativitas.

Walaupun demikian, kiat-kiat itu tidak dalam sebuah ceramah, Kaesang justru menyampaikan itu lewat permainan-permainan yang melibatkan anak-anak Panti Asuhan Pondok Kerahiman.

"Kalau mau jadi pengusaha, harus pintar-pintar berinteraksi dengan teman-teman, harus bisa membangun jaringan," kata Kaesang.

Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo itu melontarkan pertanyaan, "Siapa yang mau (uang) Rp100 ribu?"

Anak-anak serentak mengatakan, "mau!"

Namun, hanya mereka yang berani maju ke depan dan menghampiri Kaesang yang mendapatkan hadiah tersebut.

Kaesang lantas menjelaskan pesan moral dari permainan itu. Dia ingin menunjukkan kewirausahaan dimulai dari inisiatif dan aksi.

"Semua juga bisa kalau hanya bilang mau, tetapi untuk mendapatkan itu harus ada aksinya," kata Kaesang.

Ia kembali melemparkan pertanyaan yang sama. Kali ini banyak di antara anak-anak yang memberanikan diri menghampiri Kaesang.

Namun, Kaesang tidak langsung memberikan uang. Dia memberikan kiat berwirausaha yang lain bahwa mereka yang ingin berwirausaha harus berani mengambil kesempatan atau memanfaatkan peluang yang tersedia.

"Kesempatan tidak datang dua kali," kata Kaesang Pangarep kepada anak-anak binaan Panti Asuhan Pondok Putri Kerahiman.



Kiat-kiat itu diberikan oleh Kaesang kepada anak-anak binaan panti setelah Direktur Yayasan Panti Asuhan Pondok Putri Kerahiman Flori Koban meminta Kaesang memberi pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship) kepada anak-anak.

"Kami baca-baca Mas Kaesang punya sejumlah usaha, terus kami mau coba latih anak-anak panti entrepreneurship, siapa tahu di antara mereka bisa menjadi pengusaha. Mereka datang dari berbagai daerah, kami latih mereka usaha di sini, mereka bisa bangun jaringan-jaringan di daerah di Tanah Papua," kata Flori Koban.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kaesang beri kiat-kiat kewirausahaan kepada anak muda di Sentani
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024