Hujan guyur Indonesia

id BMKG, prakiraan cuaca, kota besar, bibit siklon tropis,curah hujan

Hujan guyur Indonesia

BMKG mendeteksi bibit siklon tropis 95B di Samudra Hindia barat yang mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di sejumlah kota besar di Indonesia, Kamis (30/11/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - BMKG memprakirakan sejumlah kawasan perkotaan di Indonesia berpotensi diguyur hujan berintensitas ringan hingga lebat, Kamis, yang dipengaruhi bibit siklon tropis 95B di Samudera Hindia Barat, Aceh.

"Saat ini terpantau adanya bibit siklon tropis 95B di Samudera Hindia barat, Aceh dengan kecepatan maksimum 20 knots dan tekanan udara minimum 996, 4 IhPh. Sistem ini berdampak terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat untuk wilayah Aceh dan Sumatera Utara," kata Prakirawan BMKG Nurul Fitria dalam keterangan yang diikuti dalam jaringan (daring) di Jakarta.

Laman BMKG di Jakarta menginformasikan prediksi cuaca di Pulau Sumatera diperkirakan berpotensi hujan petir di Kota Banda Aceh dan Pekanbaru. Sementara di Kota Medan berpotensi hujan sedang, Tanjung Pinang berpotensi hujan ringan, dan Kota Padang umumnya berawan.

"Waspadai potensi hujan petir di Kota Jambi dan potensi hujan lebat di Kota Pangkalpinang. Palembang dan Bandar Lampung umumnya hujan ringan, Kota Bengkulu umumnya berawan," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Bibit siklon 95B pengaruhi curah hujan di kota besar