KRI dr Radjiman berlayar lintas samudera dekati Jalur Gaza

id KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat,KRI dr Radjiman,kapal bantu rumah sakit,bantuan ke Gaza,bantuan Indonesia Gaza,korban pe

KRI dr Radjiman berlayar lintas samudera dekati Jalur Gaza

Komandan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono (tengah) melihat hasil rontgen dada (foto thorax) yang merupakan salah satu layanan kesehatan di KRI dr. Radjiman, Jakarta, Kamis (30/11/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - Komandan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono memastikan kapal siap berlayar lintas samudera untuk menuju perairan aman dekat Gaza demi membantu merawat dan memberikan pelayanan kesehatan kepada rakyat Palestina korban perang.

Walaupun demikian, kepastian kapal berangkat menuju perairan dekat Gaza masih menunggu izin dari Pemerintah Mesir, mengingat wilayah Mesir di Sinai, yaitu El Arish, menjadi titik tempat pengumpulan bantuan ke Gaza, sekaligus lokasi terdekat untuk masuk wilayah Gaza, tepatnya di perbatasan Rafah.

“Kapal ini sudah hampir setahun berlayar. Kami sudah melaksanakan misi operasi di Indonesia kemarin di Natuna. Kami laksanakan baksos (bakti sosial) di sana. Saya rasa kami mampu melaksanakan (operasi) di negara-negara lain,” kata Komandan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui di atas kapal, Jakarta, Kamis.

Dia melanjutkan seluruh komponen kapal, termasuk mesin juga telah dicek saat kapal docking di galangan kapal PT PAL di Surabaya, Jawa Timur. Di lokasi yang sama, KRI dr. Radjiman juga dicat seluruhnya berwarna putih mengingat kapal itu mengemban misi kemanusiaan sebagai rumah sakit bantu saat sandar dekat Gaza.

“Kemarin di Surabaya kurang lebih satu minggu. Di sana melakukan pewarnaan (pengecatan) dari abu-abu ke warna putih. Jadi, kami cat semua total warna putih, termasuk nomor lambung, penambahan (simbol) cross di sebelah depan. Kami punya cross tambahan lagi supaya lebih jelas dan terang di lautan,” kata Kolonel Bayu.

Penggantian warna kapal menjadi putih itu sesuai dengan ketentuan internasional, yaitu Konvensi Jenewa dan San Remo Manual, bahwa kapal rumah sakit untuk misi kemanusiaan dicat warna putih agar tidak menjadi sasaran tembak mereka yang berperang, katanya.

Misi Pertama

Jika nantinya Pemerintah Mesir mengizinkan Indonesia mengirimkan KRI dr. Radjiman sebagai kapal rumah sakit bantu ke perairan aman dekat Gaza, pelayaran itu menjadi misi pertama KRI dr. Radjiman melintasi samudera dan keluar dari perairan Indonesia.

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sandar di dermaga Markas Komando Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut, Jakarta, Kamis, dalam persiapan mengirim bantuan untuk rakyat Palestina di Gaza, sekaligus menyediakan layanan kesehatan.

Kapal perang yang juga berfungsi sebagai rumah sakit bantu itu berlayar dari Surabaya, Jawa Timur.

Sejauh ini, TNI AL tidak hanya menyiapkan kapal rumah sakit berikut awaknya, yang di antaranya merupakan dokter dan perawat, tetapi juga bantuan untuk para korban perang.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KRI dr Radjiman pastikan siap berlayar lintas samudera mendekati Gaza
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024