Dinas Pertanian Kulon Progo menyerahkan bantuan alsintan ke kelompok tani

id Kulon Progo,Alsintan

Dinas Pertanian Kulon Progo menyerahkan bantuan alsintan ke kelompok tani

Sekda Kulon Progo Triyono menyerahkan bantuan alsintan kepada kelompok tani. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan bantuan 10 unit alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani di wilayah ini untuk mendorong modernisasi pertanian dan mempercepat olah tanah.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Drajad Purbadi di Kulon Progo, Senin, bantuan 10 unit alat mesin pertanian (alsintan) ini terdiri dari enam traktor rotary yang per unitnya senilai Rp38 juta, satu traktor capung senilai Rp12 juta, dan 4 kultivator dengan nilai per unit Rp 18 juta.

"Total bantuan alsintan sekitar Rp274 juta," kata Drajad.

Menurutnya, alsintan tersebut akan sangat bermanfaat bagi kelompok tani di Kulon Progo. Sebab pengolahan lahan pertanian jadi lebih optimal, efektif, dan efisien.

"Masa pengolahan lahannya juga menjadi lebih cepat karena sudah ada alsintan sendiri," katanya.

Selain alsintan, lanjut Drajat, dinas pertanian juga memberikan bantuan kepada kelompok wanita tani, masing-masing kelompok mendapat bantuan Rp30 juta.

"Kami berharap bantuan tersebut bisa mendukung pemanfaatan pekarangan guna mencukupi kebutuhan pangan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Sekda Kulon Progo Triyono berharap bantuan ini meningkatkan produktivitas hasil pertanian, khususnya di kelompok tersebut.

Selain itu, masa garap lahan akan semakin sedikit waktunya, sehingga bisa langsung mengerjakan untuk pengelolaan lahannya akan meningkat.

"Kami berharap bantuan ini dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya karena masih banyak kelompok tani yang kemudian belum bisa menerima bantuan karena keterbatasan anggaran," katanya.