Gedung bekas Markas Besar Oelama direnovasi

id Markas Besar Oelama, Nahdlatul Ulama, MBO

Gedung bekas Markas Besar Oelama direnovasi

Rancangan renovasi gedung eks "Markas Besar Oelama" (MBO) yang berada di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur. ANTARA/HO-PWNU Jatim

Surabaya (ANTARA) - Proses renovasi tahap pertama terhadap gedung eks "Markas Besar Oelama" (MBO) yang berada di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur dimulai pada 10 Desember 2023.

Ketua Tim Pelaksana Renovasi dan Revitalisasi Gedung MBO A. Afif Amrullah di Surabaya, Rabu mengatakan renovasi harus segera dimulai mengingat intensitas hujan di Jawa Timur sudah mulai tinggi dan sangat berbahaya jika Gedung MBO dibiarkan begitu saja.

"Atapnya bocor dan rawan ambruk. Jadi, renovasi tahap pertama ini akan segera kami mulai. Targetnya untuk membenahi dan menguatkan struktur atap bangunan," kata pria yang juga Ketua lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PWNU Jawa Timur ini.

Afif menambahkan tim yang dibentuk oleh PWNU Jawa Timur ini sudah menyiapkan desain dan skenario proses renovasi. Ia merinci tahapannya dibagi menjadi empat bagian.

Tahap pertama fokus pada pembenahan atap. Tahap kedua nanti pada penguatan struktur bangunan utama, kemudian tahap ketiga adalah penyempurnaan interior dan multimedia.

"Tahap terakhir adalah penyiapan manajemen operasional gedung. Jadi, mohon doanya semoga semuanya bisa berjalan lancar. Nantinya ini akan kita fungsikan sebagai 'mini museum' Markas Besar Oelama yang bermanfaat sebagai sarana edukasi, wisata religi dan cagar budaya," tuturnya.

Selain itu, Afif menyampaikan bahwa dana renovasi gedung sementara ini bersumber dari donasi masyarakat dan bantuan pemerintah daerah. Namun mengingat kebutuhannya sangat besar, pihaknya juga masih terus membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berkontribusi dengan menyumbangkan dana renovasi gedung bersejarah ini.

Dana bantuan dapat disalurkan secara online melalui https://nucare.id/program/renovasimbo atau transfer ke rekening BSI 177-7777-757 dan BCA 429-8624-999 atas nama Lazisnu Jatim, kemudian melakukan konfirmasi melalui WA ke 0896-3009-2626.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Renovasi gedung eks Markas Besar Oelama dimulai 10 Desember 2023