Dinsos Kulon Progo salurkan bantuan beras kepada 55.919 KPM

id Bantuan beras,Dinsos PPPA Kulon Progo,Kulon Progo

Dinsos Kulon Progo salurkan bantuan beras kepada 55.919 KPM

Petugas memastikan KTP keluarga penerima manfaat di Kulon Progo. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyalurkan bantuan beras cadangan pemerintah khusus Desember sebanyak 559,2 ton kepada 55.919 keluarga penerima manfaat

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial PPPA Kulon Progo Agus Sudarmadi di Kulon Progo, Minggu, mengatakan bantuan beras ini sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan dan menanggulangi kemiskinan.

"Kami berharap bantuan pangan beras ini dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima bantuan pangan beras," kata Agus.

Ia mengatakan bantuan beras sudah didistribusikan kepada KPM sejak 12 Desember 2023, yakni di Kecamatan/Kapanewon Panjatan, Temon, Galur, Lendah, Sentolo, Wates.

Kemudian, Kokap, Pengasih, Girimulyo, Nanggulan, Kalibawang dan Samigaluh didistribusikan mulai Senin (18/12).

"Distribusi masih berlangsung. Kami upayakan selesai 20 Desember, bantuan beras sudah disalurkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kulon Progo Lucius Bowo Pristianto mengatakan bantuan beras ink merupakan cadangan pangan pemerintah (CCP) oleh Badan Pangan Nasional dalam rangka pemberian bantuan pangan.

"Bantuan ini dalam rangka memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah," kata Bowo.

Ia mengatakan Dinsos PPPA Kulon Progo juga melakukan verifikasi penerima bantuan pangan pemerintah. Penerima bantuan pangan yang tidak sesuai dengan data, tidak ditemukan dengan alasan meninggal, pindah domisili, dan tidak ditemukan alamatnya akan dicoret dan diganti.

"Untuk itu, KPM penerima bantuan wajib membawa KTP saat mengambil atau menerima bantuan beras," katanya.