Kemenkes targetkan pembangunan RS Vertikal IKN rampung Juli 2024

id Ibu Kota Nusantara, IKN, RS Vertikal Kemenkes, Transformasi Kesehatan

Kemenkes targetkan pembangunan RS Vertikal IKN rampung Juli 2024

Presiden RI Joko Widodo memencet sirine sebagai tanda dimulainya pembangunan Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (20/12/2023). (ANTARA/HO-Kemenkes)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menargetkan pembangunan infrastruktur Rumah Sakit Vertikal di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, rampung pada Juli 2024.

"Rumah sakit akan terdiri atas 250 tempat tidur dengan kebutuhan dokter umum sebanyak 30 orang dan dokter spesialisnya sebanyak 20 orang," kata Budi Gunadi Sadikin melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan RS Vertikal IKN dibangun dengan nilai proyek Rp550 miliar, dengan konstruksi bangunan setinggi 20 lantai dilengkapi ruang rawat inap VVIP, VIP, kelas standar.

Rumah sakit keempat yang dibangun di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser, Kalimantan Timur itu juga dilengkapi ruang isolasi, Intensive Care Unit (ICU), Intensive Cardiovascular Care Unit (ICVCU), ICU Isolasi, Special Care Unit (SCU), Pediatric Intensive Care Unit (PICU), Neonatal Intensive Care Unit (NICU), High Care Unit (HCU), dan Perinatologi.

Dikatakan Budi, RS Vertikal IKN akan dikembangkan sebagai pusat pelayanan rujukan bertaraf internasional di wilayah IKN dengan layanan unggulan bagi pasien jantung dan stroke.

Selain itu, Kemenkes juga memenuhi kebutuhan SDM kesehatan berikut sarana dan prasarana, termasuk catheterization laboratory (cath lab) atau layanan kateterisasi jantung di Instalasi Gawat Darurat (IGD).






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkes: Pembangunan RS Vertikal IKN rampung Juli 2024