Arnanto: kemitraan petani tebu dengan pabrik gula perlu diperkuat

id Arnanto Nurprabowo ,Petani tebu DIY ,Perkuat kemitraan

Arnanto: kemitraan petani tebu dengan pabrik gula perlu diperkuat

Petani tebu di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ketika mendapat kunjungan politisi Partai Golkar Arnanto Nurprabowo (Foto Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Politisi partai Golkar Arnanto Nurprabowo mengatakan bahwa kemitraan petani tebu di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan pabrik gula perlu diperkuat sebagai solusi atasi penurunan lahan tanaman pangan tersebut.

Dalam keterangan tertulisnya di Yogyakarta, Minggu, Arnanto mengatakan bahwa luas tanam tebu di Kabupaten Bantul, DIY dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan karena beralih ke tanaman lain.

"Untuk itu perlu solusi agar hal ini tidak berlanjut. Salah satunya dengan memperkuat kemitraan yang berkeadilan dengan pabrik-pabrik gula yang ada," kata Mas Arnanto sapaan akrabnya.

Pihaknya yang sejak lama dekat dengan kelompok tani DIY ini juga mengatakan pentingnya memberikan pendampingan langsung kepada petani di lapangan.

Selain itu, sebagai upayanya berbagai persoalan pertanian dari hulu sampai hilir juga sering disampaikannya ke dalam forum ilmiah.

"Kelompok petani tebu harus diberi pendampingan untuk penguatan kelembagaan kelompok tani rakyat. Selain tentunya pemberian kemudahan dan insentif terhadap kebutuhan petani perlu diberikan oleh instansi terkait," katanya.