Penerapan B35 sesuai misi negara menuju NZE2, papar BRIN

id Debat Keempat Pilpres,Debat Cawapres 2024,Debat Kedua Cawapres,Pemilu 2024,Pilpres 2024, Cawapres Mahfud Md Cawapres Muh

Penerapan B35 sesuai misi negara menuju NZE2, papar BRIN

3 Capres-cawapres tiba di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. (Antara Foto/M Risyal Hidayat)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan penerapan bahan bakar nabati jenis B35 selaras dengan misi negara dalam menurunkan emisi karbon, menuju target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi BRIN Dr Cuk Supriyadi Ali Nandar dalam merespons hasil debat antara Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang digelar di Jakarta, Minggu (21/1) malam.

"Penerapan B35 dilaksanakan dengan keberhasilan program B30 dan merupakan langkah pemerintah untuk mengurangi impor minyak, menghemat devisa negara dan penurunan emisi karbon mendukung NZE," katanya kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Cuk menjelaskan B35 merupakan campuran bahan bakar nabati berbasis minyak kelapa sawit, yaitu Fatty Acid Methyl Esters (FAME). Kadar minyak sawitnya 35 persen, sementara 65 persen lainnya merupakan BBM jenis solar.

Penerapan B35, kata dia, juga diharapkan dapat mendorong sawit di Indonesia serta memberikan manfaat secara luas untuk perekonomian nasional maupun secara khusus untuk petani dengan menjaga harga Crude Palm Oil (CPO) lebih stabil.
.
"Harganya terus meningkat seiring dengan peningkatan permintaan sawit karena implementasi biodiesel," ujarnya.

Selain itu, Cuk menyebutkan penerapan B35 dapat mendorong penyebaran pembangunan pabrik pengolahan CPO menjadi biodiesel.

Sebelumnya, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyebutkan pihaknya mendorong terus energi hijau bersumber nabati dalam debat tersebut.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN: Penerapan B35 selaras dengan misi negara menuju NZE pada 2060