Paguyuban Wartawan Kulon Progo menggelar pengobatan gratis di Hargomulyo

id Pengobatan gratis,Kulon Progo,Paguyuban Wartawan Kulon Progo,HPN 2024

Paguyuban Wartawan Kulon Progo menggelar pengobatan gratis di Hargomulyo

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo meninjau kegiatan pengobatan gratis yang diselenggarakan Paguyuban Wartawan Kulon Progo. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Paguyuban Wartawan Kulon Progo menggelar pengobatan gratis serta demo memasak menu sehat dan bergizi untuk mengatasi stunting di Kelurahan Hargomulyo dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2024 yang jatuh pada 9 Februari di daerah itu.

Ketua Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK) Asrul Sani di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, mengatakan bakti sosial ini berupa pemeriksaan kesehatan bagi lansia, kader penggerak keluarga berencana, dan masyarakat umum.

"Ini salah satu dari sekian kegiatan yang kami lakukan untuk memperingati HPN (Hari Pers Nasional)," katanya.

Dalam kegiatan ini, PWK bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) serta didukung Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Sadewa.

"Kami berharap peringatan HPN ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kulon Progo, khususnya di Hargomulyo (Kecamatan Kokap)," katanya.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengapresiasi baksos yang diinisiasi PWK karena sejalan dengan fungsi dan peran pers untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

Lewat kegiatan seperti ini pula, katanya, kondisi kesehatan masyarakat bisa terekam dan penanganan gangguan kesehatan bisa dilakukan lebih cepat.

"Media sangat strategis dalam menggalang gotong royong," katanya.

Staf Pembantu Lurah Hargomulyo Tri Haryono menyampaikan terima kasih kepada PWK atas kegiatan di daerah setempat yang juga didukung BKKBN, RSKIA Sadewa, dan Novotel-Ibis YIA (Yogyakarta International Airport) itu.

"Kegiatan ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh warga, terutama di bidang kesehatan, di mana warga bisa memeriksakan kondisinya secara gratis dan ilmu memasak supaya anak tidak stunting," katanya.