Polres Kulon Progo apel bersama panwascam mempersiapkan Pemilu 2024

id Polres Kulon Progo,Pemilu 2024,Kulon Progo

Polres Kulon Progo apel bersama panwascam mempersiapkan Pemilu 2024

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk memberikan semangat kepada anggotanya, anggota panwascam dan jaga warga untuk menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu 2024. (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar apel bersama dengan panitia pengawas pemilu kecamatan dan kelompok jaga warga dalam rangka persiapan kelancaran, keamanan dan mewujudkan Pemilu 2024 yang damai, aman dan kondusif.

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati di Kulon Progo, Kamis, mengatakan perkembangan situasi dalam masa pesta demokrasi tepatnya menjelang tahapan pemungutan suara yang merupakan puncak pelaksanaan pesta demokrasi (pemilu) sangat membutuhkan sinergitas antara Polri, bawaslu (panwascam) serta kelompok jaga warga dalam menjamin kelancaran, keamanan dan mewujudkan pemilu yang damai, aman dan kondusif.

"Dengan sinergitas antara Polri, bawaslu, dan jaga warga sangatlah dibutuhkan untuk mewujudkan pemilu damai jujur dan adil di Kulon Progo dengan tugas dan peran masing-masing," kata Nunuk.

Ia mengatakan tugas panwascam untuk melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu, dengan mengidentifikasi, mengkoordinasi, membimbing, memantau dan menganalisa serta evaluasi pemilu di tingkat kecamatan koordinasi dengan instansi terkait serta meningkatkan pengawasan di wilayah kecamatan.

Selanjutnya, tugas kelompok jaga warga untuk menjaga kamtibmas dan mengidentifikasi permasalahan terkait pemilu yang ada di masyarakat di mana jaga warga di tugaskan.

"Demikian juga dengan bhabinkamtibmas yang diharapkan selalu hadir bersama masyarakat untuk kamtibmas dan mengidentifikasi permasalahan yang berpotensi untuk menggagalkan pesta demokrasi pemilu yang damai, aman, jujur, dan adil di Kulon Progo," katanya.

Kapolres Nunuk menyampaikan agar jangan sampai ada provokasi yang dilakukan oleh pihak- pihak dalam hal kepentingan politik.

"Kulon Progo harus aman, kita saling bersinergi dalam menjaga wilayah masing-masing dimana kita bertugas," katanya.

Dia mengatakan hal ini untuk menjaga masyarakat Kulon Progo tetap aman tidak ada perselisihan yang dapat memicu menjadikan adanya kontak fisik, tetap jaga kerukunan, keamanan, dan ketentraman di masyarakat.

"Kami minta jaga kamtibmas supaya pemilu berjalan lancar dan aman," katanya.

Kasi Humas Polres Kulon Progo AKP Triatmi Noviartuti mengatakan jelang pelaksanaan pemungutan suara ini, Polres Kulon Progo memaksimalkan seluruh kegiatan kepolisian antara lain melalui bhabinkamtibmas untuk aktifkan ronda mengajak peran serta aktif masyarakat menjaga keamanan lingkungan, kegiatan rutin yang ditingkatkan, dan patroli malam diintensifkan.

Selain itu, Polres Kulon Progo menyiapsiagakan semua Satgas Operasi Mantab Brata 2024 melaksanakan kegiatan rutin operasional ataupun kegiatan yang bersifat insidental dan mendadak, mengamankan kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan kampanye di Kulon Progo.

"Satgas juga melakukan pengamanan jalur kampanye yang dilaksanakan di luar Kabupaten Kulon Progo," katanya.