Perpusda di Indonesia diminta gali inovasi menarik minat baca

id Perpusnas RI,Budaya Baca,Literasi Baca,Kalsel,Literasi,Banjarmasin,Dispersip Kalsel

Perpusda di Indonesia diminta gali inovasi menarik minat baca

Plt Kepala Perpusnas RI E Aminudin Aziz memberikan sambutan pada kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan se-Kalimantan Selatan di Kota Banjarmasin, Kamis (15/2/2024) malam. ANTARA/Tumpal Andani Aritonang

Banjarmasin (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI E Aminudin Aziz meminta perpustakaan daerah (perpusda) di tiap provinsi agar menggali berbagai inovasi  untuk menarik minat baca masyarakat.

“Saya kasih contoh, misalnya dinas perpustakaan hadir di kegiatan Car Free Day di tempat umum, buka lapak perpustakaan setiap minggu. Kita lihat apakah ada masyarakat yang datang mencari,” kata dia usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan se-Kalimantan Selatan di Kota Banjarmasin, Kamis malam.

Ia menuturkan upaya tersebut sangat ampuh untuk meningkatkan budaya baca masyarakat, seiring masyarakat tertarik untuk membaca maka budaya bacanya akan semakin meningkat.

“Kalau budaya bacanya sudah meningkat, literasi baca pun pelan-pelan meningkat,” ujarnya.

Menurut Aminudin, budaya baca adalah program prioritas yang harus dicapai terlebih dahulu agar literasi berupa kemampuan ataupun kemelekan seseorang semakin bertambah sehingga memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perpusnas minta perpusda gali inovasi menarik minat baca
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024