10 ribu hewan penular rabies disuntik vaksin

id Vaksinasi rabies,Hewan penular rabies ,Rabies Jakarta

10 ribu hewan penular rabies disuntik vaksin

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin rabies ke seekor kucing di RPTRA Flamboyan, Jakarta, Selasa (6/2/2024). ANTARA FOTO/Bayu Pratama

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan menargetkan sebanyak 10 ribu ekor hewan penular rabies mendapatkan suntikan vaksin rabies pada 2024.

"Sampai saat ini baru 541 ekor hewan penular yang mendapatkan vaksin rabies," kata Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertania(Sudin KPKP) Jakarta Selatan Irawati Hary Atharini saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, vaksinasi rabies diberikan untuk mencegah penularan penyakit tersebut kepada manusia yang sering berinteraksi dengan hewan.

Sudin KPKP Jakarta Selatan (Jaksel) pada 2024 menargetkan dapat menyuntikkan vaksin rabies untuk 10 ribu hewan penular yang berada di wilayah tersebut.



Ia menuturkan bahwa target vaksinasi rabies tahun ini naik bila dibandingkan tahun 2023 meskipun jumlahnya tidak terlalu signifikan.

"Tahun 2023, jumlah hewan yang divaksin sebanyak 10.256 ekor atau 105,5 persen dari target 9.724 ekor," ujarnya.

Ira menambahkan bahwa vaksinasi rabies ini diperuntukan bagi hewan penular rabies seperti kucing, anjing, kera dan musang peliharaan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jaksel targetkan 10 ribu hewan penular rabies mendapat suntikan vaksin