UKBI Adaptif Merdeka dukung piawai berbahasa Indonesia, papar Nadiem

id UKBI Adaptif Merdeka,Mahir Berbahasa,Badan Bahasa,mendikbudristek,nadiem makarim

UKBI Adaptif Merdeka dukung piawai berbahasa Indonesia, papar Nadiem

Kemendikbudristek menyelenggarakan acara Diseminasi Nasional Kemahiran Berbahasa Indonesia di Jakarta, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyatakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka mendukung masyarakat mahir berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Semua penutur dapat memanfaatkan UKBI untuk memetakan kemahiran berbahasanya,” kata Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam acara Diseminasi Nasional Kemahiran Berbahasa Indonesia di Jakarta, Kamis.

UKBI Adaptif Merdeka sendiri merupakan instrumen untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia yang dibuat oleh Badan Bahasa Kemendikbudristek dan telah diluncurkan sejak 29 Januari 2021.



UKBI Adaptif Merdeka tidak hanya dapat diujikan kepada pihak yang berada dalam lingkup ekosistem pendidikan seperti pelajar, guru, dan dosen, melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh kalangan yang lebih luas.

UKBI dapat dimanfaatkan oleh kalangan profesional yang dalam kerja profesionalnya membutuhkan kemahiran membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara, seperti wartawan, editor, penulis, penyuluh, peneliti, penerjemah, pewara, hingga pengacara.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nadiem: UKBI Adaptif Merdeka pacu masyarakat mahir berbahasa Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024