Kulon Progo diminta prioritaskan pembangunan ekonomi

id Kulon Progo,DPRD Kulon Progo

Kulon Progo diminta prioritaskan pembangunan ekonomi

DPRD Kulon Progo. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Priyo Santoso mengharapkan pemerintah kabupaten konsisten memprioritaskan pembangunan perekonomian dan infrastruktur.

Priyo Santoso di Kulon Progo, Senin, mengatakan tiga prioritas pembangunan harus konsisten dilaksanakan berkelanjutan tiap tahunan, atau masuk program rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 5 tahun ke depan.

"Harus menjadi prioritas pembangunan daerah," kata Priyo dalam rapat kerja Badan Anggara DPRD Kulon Progo dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Ia mengatakan tiga isu utama yang dimaksud, yang pertama yakni pembangunan perekonomian Wates dengan penataan akses jalan bebas hambatan, pembangunan pusat perdagangan, pusat olahraga dan pendidikan. "Harapannya, Kota Wates akan bisa berkembang lebih pesat tidak seperti sekarang ini," katanya.

Selanjutnya, kebijakan prioritas pembangunan Kawasan Menoreh dan ketiga pengembangan perekonomian kawasan selatan selatan.

Menurut dia, tiga isu tersebut fokus bisa diprioritaskan dari sisi dukungan anggaran yang cukup dengan APBD yang berkesinambungan, sehingga akan ada peningkatan pembangunan yang berdampak bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Kami berharap bupati baru mampu membentuk tim khusus percepatan pembangunan dengan meningkatkan komunikasi akses ke pemerintah pusat dari sisi dukungan anggaran dan kebijakan sehingga akan banyak program pembangunan yang di laksanakan di Bumi Binangun Kulon Progo," katanya.

Priyo mengatakan kemampuan keuangan daerah yang masih minim juga menyebabkan belum ada keberanian dari pemerintah daerah untuk memfokuskan anggaran ke pada prioritas pembangunan yang mempunyai dampak perekonomian langsung.

"Pembangunan masih pemerataan dan belum difokuskan ke prioritas, maka kami mulai tahun 2025 kami mendorong harus ada keberanian untuk mengangkat program prioritas daerah yang berkelanjutan sehingga akan ada penuntasan pembangunan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kulon Progo Aris Nugraha mengatakan pemkab memprioritaskan pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, dan mengurangi kemiskinan.

"Kami berkomitmen untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan penurunan kemiskinan. Setiap OPD berkolaborasi dalam pembangunan, khususnya pengentasan kemiskinan," katanya.