Orang tua diminta terapkan pengasuhan berbasis hak anak

id ibu bunuh anak,kekerasan anak,perlindungan anak,pengasuhan berbasis hak anak,pengasuhan layak anak

Orang tua diminta terapkan pengasuhan berbasis hak  anak

Anak-anak mengikuti kampanye damai mengenai perlindungan hak anak di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (18/12/2023). Mereka menyerukan masyarakat dan pemerintah agmelindungi anak dari tindak kekerasan, eksploitasi, diskriminasi, dan pelecehan seksual. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA)  meminta seluruh orang tua untuk menerapkan pengasuhan berbasis hak anak sebagai upaya memenuhi kebutuhan akan kasih sayang, kelekatan, keselamatan, dan kesejahteraan yang berkelanjutan demi kepentingan terbaik bagi anak.

"Orang tua diharapkan memiliki kesiapan dalam memenuhi hak dan memberikan pengasuhan yang layak bagi anak," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Hal ini dikatakannya menanggapi kasus kekerasan terhadap anak hingga tewas di Bekasi, Jawa Barat, yang dilakukan oleh ibu kandung korban.

"Kami berharap kematian ini menjadi pelajaran bagi semua orang untuk bersama-sama menjaga anak-anak kita agar terhindar dari kejadian serupa. Nyawa seluruh anak Indonesia sama berharga-nya dan satu korban kekerasan saja sudah terlalu banyak. Kita semua punya tanggung jawab melindungi anak-anak kita," kata Nahar.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cegah kekerasan anak, orang tua diminta terapkan pengasuhan layak anak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024