Petani Demak, Jateng, korban banjir peroleh asuransi

id padi puso klaim asurnsi, asuransi, autp, asuransi tanaman padi

Petani Demak, Jateng, korban banjir peroleh asuransi

Areal tanaman padi di Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, tergenang banjir pada bulan Februari 2024. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Demak (ANTARA) - Sejumlah petani di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang tanaman padinya puso akibat tergenang banjir mendapatkan klaim asuransi untuk tahap pertama sebesar Rp552 juta.

"Dari jumlah klaim sebesar itu, luas lahannya berkisar 92 hektare yang tersebar di berbagai daerah," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Agus Herawan di Demak, Kamis.

Ia mengungkapkan luas lahan yang tergenang dan mengalami puso mencapai ribuan hektare, namun yang mengikuti program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) belum seluruhnya karena di areal terdampak banjir yang tercatat hanya 427,85 hektare.



Penyerahan klaim asuransi untuk tanaman padi puso, kata dia, dilakukan secara bertahap. Sedangkan yang sudah menerima secara simbolis saat ada kunjungan Kementerian Pertanian di Demak sebesar Rp150 juta untuk lahan seluas 25 hektare.

Sementara itu tahap selanjutnya, kata dia, untuk lahan seluas 67 hektare dengan nilai klaim sebesar Rp402 juta.

Untuk klaim kedua tersebut, kelompok taninya sudah melakukan tanda tangan kuitansi klaim, tetapi masih menunggu pencairannya.

Dinas Pertanian Demak mencatat total lahan tanaman padi yang terdampak banjir pada  Februari 2024 mencapai 3.280 hektare yang tersebar di sejumlah kecamatan. Sedangkan yang mengalai puso seluas 2.082 hektare.

Lahan tanaman padi puso tersebut tersebar di delapan kecamatan, yakni di Kecamatan Kebonagung, Wonosalam, Dempet, Karangawen, Guntur, Karanganyar, Mranggen, dan Gajah. Sedangkan lahan tergenang banjir tersebar di sembilan kecamatan mulai dari Kecamatan Kebonagung, Wonosalam, Dempet, Karangangawen, Mranggen, Guntur, Kanragnayar, Gajah, dan Mijen.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Petani Demak yang terdampak banjir terima klaim asuransi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024