Pasien tak bisa pakai alat bantu dengar seumur hidup, kata dokter

id hari pendengaran sedunia,gangguan pendengaran,alat bantu dengar

Pasien tak bisa pakai alat bantu dengar seumur hidup, kata dokter

Dokter Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Batang sedang melakukan pemeriksaan telinga pasien secara gratis dalam rangka memperingati Hari Pendengaran Sedunia (World Hearing Day), Kamis (2/3/2023). (ANTARA/Kutnadi)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis ilmu kesehatan telinga hidung tenggorok, bedah kepala dan leher RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo menyebut alat bantu dengar digunakan pasien dengan gangguan pendengaran tidak bisa dipakai seumur hidup.

“Jadi jawabannya tidak bisa, beli sekali lalu dipakai seumur hidup itu tidak bisa,” kata Dr.dr., Ronny Suwento, Sp.THTBKL, Subsp.K(K) dalam siaran Instagram yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Ronny menganalogikan alat bantu dengar sebagai sepatu yang selalu dipakai. Namun ketika sudah terasa sempit di kaki, mau tidak mau kita harus mengganti sepatu tersebut dengan ukuran yang sesuai dengan kondisi kaki saat ini.



Pada pemakaian alat bantu dengar, jenisnya disesuaikan dengan keparahan gangguan pendengaran pasien dan bentuk telinganya. Spesifikasinya akan berubah seiring dengan bertambahnya usia pasien.

“Anak itu akan semakin besar, ukuran kepalanya akan semakin besar, yang tadi telinganya kecil akan semakin besar. Tentu pada usia tertentu perlu dilakukan penggantian, kemudian juga dilihat dari kebutuhannya dari beberapa spesifikasi,” kata dia.

Pada bayi misalnya, ketika baru lahir bayi dengan gangguan pendengaran akan diberikan alat yang tidak mengganggu aktivitasnya berbaring terlentang seharian. Alat tersebut dibuat sesuai standar yang membantu bayi menerima suara secara horizontal.

“Nanti kalau sudah mulai tengkurap atau menengok kita harus pakai alat yang lebih bisa melokalisir,” ucapnya.

Penyesuaian alat bantu dengar juga melihat kondisi fisik pasien seperti bentuk dan besar telinga, mengingat setiap orang memiliki perbedaan.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter sebut alat bantu dengar tidak bisa dipakai pasien seumur hidup
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024