Rencana introduksi orang utan ke IKN belum ada, kata OIKN

id Ibu Kota Nusantara,IKN,Orang utan,ikn hijau

Rencana introduksi orang utan ke IKN belum ada, kata OIKN

Tangkapan layar - Ilustrasi jalur penyeberangan hewan yang akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim.

Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan belum berencana mengintroduksi orang utan ke Nusantara, karena ide ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan pakar.

Introduksi orang utan mengacu pada proses memindahkan, memasukkan, mendatangkan orang utan ke habitat baru. Tujuan introduksi, antara lain meningkatkan populasi orang utan dan memperkuat keanekaragaman hayati di habitat baru.

Namun, Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air OIKN Pungky Widiaryanto, di Jakarta, Senin, menjelaskan bahwa IKN bukan habitat asli orang utan, sehingga introduksi orang utan ke kawasan tersebut dikhawatirkan dapat mengancam kesejahteraan satwa itu.

“Ini masih pro dan kontra maka belum bisa kami akomodir. Ada pakar yang menyebut bagus juga untuk mengintroduksi orang utan ke IKN contoh ke Tahura (Taman Hutan Raya Bukit Soeharto),” kata Pungky.

Sejumlah pakar, kata dia, menentang introduksi orang utan ke IKN karena dapat meningkatkan risiko konflik antara manusia dan orang utan

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Otorita IKN belum berencana introduksi orang utan ke Nusantara
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024