Pemkab Gunungkidul siap menyambut pemudik-wisatawan saat libur Lebaran

id Gunungkidul,Lebaran 2024,Pemudik

Pemkab Gunungkidul siap menyambut pemudik-wisatawan saat libur Lebaran

Bupati Gunungkidul Sunaryanta. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menyambut pemudik dan wisatawan yang akan merayakan Lebaran dan berlibur di wilayah ini pada Idul Fitri 1445 Hijriah.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Jumat, mengatakan pemkab telah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral yang terlibat dalam pengamanan pada libur Lebaran 2024.

Selain menjaga kesehatan, katanya, aparat juga memastikan seluruh peralatan yang akan digunakan dapat berfungsi dengan baik.

"Yang paling utama adalah komunikasi antarlintas sektoral harus dibangun dengan bagus. Alat yang digunakan juga wajib siap pakai," kata dia.

Ia mengatakan arus mudik tahun ini di Jawa dan Sumatra diprediksi mengalami peningkatan 50 persen. Hal ini akan berpengaruh pada masuknya jumlah pemudik ke DIY, khususnya Gunungkidul.

Untuk itu, ia berharap, seluruh elemen yang terlibat juga bersiap menyambut kunjungan wisata. Hal ini dikarenakan, wisata pantai di Gunungkidul diprediksi masih menjadi primadona bagi masyarakat Jateng dan DIY.

"Semua elemen bersiap sehingga tidak akan muncul masalah, baik kamtibmas atau insiden lainnya," katanya.

Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan meski menjadi agenda rutin, pengamanan khususnya kamtibmas harus diperhatikan. Setiap tahun situasi kamtibmas di Gunungkidul dikatakan selalu mengalami perubahan.

"Operasi Ketupat Progo ini nantinya akan kita gelar selama 13 hari, mulai 4-16 April 2024," katanya.

Ia mengatakan nantinya didirikan enam pos keamanan dan satu pos pelayanan. Pos ini akan diisi oleh petugas dari berbagai lintas sektoral. Mereka akan berjaga selama 24 jam.

"Jadi harapan saya bertugas di pos itu tidak hanya duduk semata, tidak melakukan apa-apa, tapi melakukan pemantauan, patroli dan antisipasi kamtibmas," kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul Irawan Jatmiko mengatakan Dishub menyiapkan skenario mengatur kendaraan besar yang masuk Gunungkidul sejak H-7 Lebaran.

Dishub juga melakukan pengecekan terhadap rambu jalan dan lampu penerangan jalan di ruas jalan kabupaten.

"Lampu penerangan jalan khususnya yang berada di jalan propinsi akan kita komunikasikan agar mendapat perhatian," katanya.