Baznas Kulon Progo menyalurkan bantuan Rp2,9 miliar kepada mustahik

id Mustahik,Kulon Progo,Baznas Kulon Progo

Baznas Kulon Progo menyalurkan bantuan Rp2,9 miliar kepada mustahik

Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti menyerahkan bantuan kepada pengayuh becak di Alun-alun Wates. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyalurkan dana sebesar Rp2,9 miliar selama bulan Ramadhan 2024 untuk 3.879 orang mustahik atau penerima manfaat di wilayah setempat.

Ketua Baznas Kulon Progo Alfanuha Yushida di Kulon Progo, Rabu, mengatakan penyaluran tersebut mengalami peningkatan dibandingkan Ramadhan 2023 senilai Rp1,85 miliar untuk lebih dari 5.000 mustahik atau penerima manfaat.

"Hari ini bantuan disalurkan kepada 200 pasukan kuning, dan 1.200 tenaga honorer/Pegawai Tidak Tetap (PTT)/relawan lingkup PMI. Bantuan masing-masing sejumlah Rp200 ribu. Khusus pengayuh becak selain uang juga mendapatkan beras lima kg per orang dari Baznas Pusat," kata Alfanuha Yushida.

Ia mengatakan bantuan lainnya yang sudah disalurkan antara lain tali asih 1.667 orang kaum rois, 332 guru ngaji TPA/TPQ, GTT/PTT di lingkungan Disdikpora dan Kemenag, bantuan masjid, paket sembako, santunan untuk warga binaan Rutan Kelas IIB Wates, serta lainnya.

Alfanuha berterima kasih kepada muzaki baik ASN ataupun masyarakat yang telah mempercayakan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) ke Baznas Kulon Progo. Pihaknya juga masih membuka layanan penyetoran ZIS sampai dengan 9 April 2024.

"Untuk memberi kesempatan muzaki yang akan menyetorkan ZIS-nya jelang Idul Fitri, kantor kami pada 8 dan 9 April tetap melayani muzaki. Demikian pula kami juga menerima Zakat Fitrah," kata Alfanuha.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti berharap santunan ini dapat membantu sebagian kalangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kepada penerima bantuan, semoga bantuan ini bermanfaat dan membawa kebaikan. Mungkin memang tidak seberapa nilainya, akan tetapi semoga dapat sedikit membantu dan meringankan beban kebutuhan hidup menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata Ni Made.

Ni Made juga menyampaikan terima kasih pada organisasi, perusahaan, lembaga, partai, bahkan perorangan, yang selama ini telah menyalurkan ZIS  ke Baznas Kulon Progo, yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Saya akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang berisi tentang kepedulian terhadap sesama. Saya selaku pimpinan di jajaran Pemkab Kulon Progo sungguh merasa bangga, mari terus kita tingkatkan rasa kepedulian kita terhadap sesama," kata Ni Made.