LEMIGAS menginisiasi teknologi "Greentech Foaming Agent" sumur tua di RI

id lemigas,kementerian esdm,sumur tua,teknologi produksi

LEMIGAS menginisiasi teknologi "Greentech Foaming Agent" sumur tua di RI

Ilustrasi - Anjungan lepas pantai sumur minyak dan gas bumi. ANTARA/HO-Humas Kementerian ESDM

Jakarta (ANTARA) - LEMIGAS Kementerian ESDM menginisiasi teknologi Greentech Foaming Agent sebagai upaya meningkatkan produksi sumur minyak dan gas (migas) berusia tua.

Kepala LEMIGAS Mustafid Gunawan dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan melalui produk Greentech Foaming Agent tersebut, LEMIGAS siap mendukung target produksi minyak sebesar satu juta barel per hari dan gas 12 miliar kaki kubik per hari.

Hingga saat ini, inovasi Greentech Foaming Agent dari LEMIGAS telah dikembangkan lebih lanjut melalui pengujian terhadap beberapa sampel air formasi, baik dari sumur gas maupun minyak.

"Diharapkan inovasi teknologi ini mampu menjadi salah satu alternatif untuk membantu kelancaran operasional produksi sumur gas," jelasnya.

Mustafid melanjutkan industri migas Indonesia kini tengah dihadapkan pada tantangan penurunan produksi secara alami.

"Ini wajar lantaran umur sumur-sumur di Indonesia sudah lebih dari 20 tahun, bahkan ada yang lebih dari 50 tahun beroperasi," ujarnya.

Menurut dia, sumur-sumur tua yang ada tersebut kini jadi andalan, sehingga dilakukan pengurasan sumber daya minyak dan gas bumi.

Ia menambahkan banyak sumur gas yang mengalami water blocking yang diakibatkan oleh penipisan alami, penerobosan air, dan kepasiran di dalam formasi.

"Ketika gas yang dihasilkan berada di bawah tingkat kritis gas, maka cairan mulai mengumpul di lubang sumur. Sehingga, terjadinya peningkatan tekanan hidrostatik dan tekanan balik ke dalam formasi. Akibatnya, produksi gas akan turun secara signifikan dan sumur akan mati," jelasnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: LEMIGAS inisiasi teknologi "Greentech Foaming Agent" untuk sumur tua
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024