Gelombang 1 UTBK SNBT 2024 dimulai, berikut info penting dan kiat sukses dari Genza Education

id genza education,utbk,snbt

Gelombang 1 UTBK SNBT 2024 dimulai, berikut info penting dan kiat sukses dari Genza Education

UTBK Gelombang 1 (ANTARA/HO-Genza Education)

Yogyakarta (ANTARA) - Bagi adik-adik siswa kelas 12, seperti diketahui Gelombang 1 tes UTBK SNBT 2024 sedang berjalan hingga 7 Mei mendatang. Persiapan yang matang adalah kunci sukses bagi para calon peserta. Genza Education, sebagai bimbel yang telah berpengalaman dalam mempersiapkan para siswa untuk sukses UTBK/SNBT memberi beberapa tips sebelum memasuki ruang ujian, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan dengan cermat diantaranya adalah:

Dokumen Penting yang Harus Dibawa

Untuk dapat mengikuti UTBK SNBT 2024, peserta harus memastikan bahwa mereka membawa dokumen-dokumen berikut:
1. Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU): Dokumen ini adalah bukti resmi keikutsertaan peserta dalam ujian. Penting untuk memastikan bahwa KTPU dibawa saat hari-H.
2. Fotokopi Ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat yang Sudah Dilegalisasi atau Surat Keterangan Sedang Duduk di Kelas XII: Dokumen ini penting untuk keperluan administrasi peserta. Pastikan fotokopinya telah dilegalisasi atau dilengkapi dengan surat keterangan resmi dari sekolah.
3. Pas Foto Berwarna Terbaru: Pasfoto ini akan digunakan dalam dokumen peserta seperti KTPU. Pastikan pasfoto yang dibawa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ketentuan dan Larangan Saat UTBK SNBT 2024

Selain membawa dokumen-dokumen tersebut, peserta juga perlu memperhatikan ketentuan dan larangan yang berlaku, antara lain:
- Peserta tidak diizinkan membawa logaritma, kalkulator, kertas, buku/catatan, alat komunikasi, jam tangan, kamera, modem, atau perangkat elektronik lainnya.
- Barang-barang pribadi seperti tas, buku, dan catatan harus disimpan di tempat yang telah disediakan sebelum memasuki ruang ujian.
- Panitia ujian berhak melakukan penggeledahan jika ditemukan sesuatu yang mencurigakan pada peserta.

Tips dari Genza Education:
Setyadi Widyawawan, Manager Akademik Genza Education memberikan tips bagi peserta untuk dapat mengerjakan soal ujian agar mendapatkan nilai yang optimal, diantaranya adalah::
1. Mulailah dengan soal yang mudah.
2. Untuk soal dengan teks sebagai stimulan, pastikan untuk mengetahui informasi yang dicari sebelum membaca teks dengan seksama.
3. Lakukan eliminasi jawaban yang salah.
4. Jika kesulitan menemukan jawaban, gunakan teknik scanning dan gunakan logika serta intuisi.
5. Ketika terpaksa menebak, perhatikan waktu untuk mengklik jawaban sesuai jenis soalnya.

Persiapan Setelah Ujian

Setelah menjalani tes UTBK SNBT 2024, peserta masih memiliki waktu sebelum pengumuman hasil ujian. Ini adalah waktu yang tepat untuk mencari informasi tentang kampus tujuan dan persiapan apa yang perlu dilakukan selanjutnya, baik jika lolos maupun tidak lolos SNBT.

Jadwal Penting

Jadwal penting terkait UTBK SNBT 2024 adalah sebagai berikut:
- Pembuatan Akun SNPMB: 09 Januari - 15 Februari 2024
- Pendaftaran UTBK-SNBT: 21 Maret - 05 April 2024
- Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 30 April dan 02 - 07 Mei 2024
- Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 14 - 20 Mei 2024
- Pengumuman Hasil SNBT: 13 Juni 2024
- Masa Unduh Sertifikat UTBK: 17 Juni - 31 Juli 2024

Dengan persiapan yang matang dan pemahaman akan ketentuan serta tahapan selanjutnya, Genza Education percaya bahwa peserta dapat menghadapi UTBK SNBT 2024 dengan percaya diri dan meraih hasil terbaik. Semangat untuk para calon mahasiswa!