5.255 jiwa korban erupsi Gunung Riang, Sulut, dievakuasi keluar Pulau Tagulandang

id Gunung Ruang, Tagulandang, Sitaro, BNPB, Teropong Bencana

5.255 jiwa korban erupsi Gunung Riang, Sulut, dievakuasi keluar Pulau Tagulandang

Seorang warga mengendong anaknya berada di atas geladak KRI Kakap-811 saat dievakuasi di Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (1/5/2024). ANTARA FOTO/Andri Saputra/nz/aa.

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan sudah 5.255 orang warga Pulau Tagulandang yang menjadi korban erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara sudah dievakuasi keluar pulau itu.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Sabtu, mengatakan jumlah tersebut merupakan hasil rekapitulasi per hari ini yang dihimpun tim Pusdalops BNPB dari serangkaian upaya evakuasi yang dilakukan tim gabungan terhadap warga korban erupsi di Pulau Tagulandang.



Dari jumlah itu setidaknya bertambah sebanyak 1.891 orang dari jumlah korban sebelumnya yang lebih dulu dievakuasi ke tempat pengungsian yang masing-masing tersebar di Kota Manado, Bitung, Minahasa Utara dan Pulau Siau.

Dengan demikian masih tersisa sekitar 3.828 orang dari target 9-12 ribu jiwa korban di Tagulandang yang harus segera dievakuasi setidaknya selesai pada Minggu (5/5), sebagaimana hasil rapat koordinasi BNPB dengan Pemerintah Sulawesi Utara dan unsur tim tanggap darurat gabungan yang terlibat beberapa hari lalu.

"Tim gabungan masih terus berupaya mengevakuasi warga yang tersisa, termasuk dengan pendistribusian logistik dan peralatan yang mereka butuhkan selama masa tanggap darurat ini," kata Abdu



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB: 5.255 jiwa sudah dievakuasi keluar Pulau Tagulandang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024