Jelajahi kantor bank cagar budaya bergaya indische di Godean Yogyakarta

id Bank BRI Godean, Godean Yogyakarta, Bank BRI Godean, cagar budaya Yogyakarta.

Jelajahi kantor bank cagar budaya bergaya indische di Godean Yogyakarta

Pengendara melintas di depan Kantor Bank BRI Unit 1 Godean, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (5/3/2024). Bangunan cagar budaya bergaya indische milik mantan Kepala Desa Sidoluhur yang dibangun oleh arsitek asal Belanda pada tahun 1906 tersebut digunakan sebagai kantor Bank BRI Unit 1 Godean sejak tahun 1985. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.

Jakarta (ANTARA) - Di salah satu sudut jalan Godean, tepatnya sudut timur laut simpang empat Jalan Godean, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tampak sebuah bangunan tersemat logo bank warna biru dengan garis oranye: BRI.

Berlatarkan birunya langit Kota Pelajar, sejumlah pengendara terlihat begitu saja melintasi bangunan cagar budaya bergaya indische itu. Sejumlah nasabah dengan kebutuhan masing-masing menjejakkan kaki ke dalam gedung bernuansa putih di bagian luar gedung, disambut sapaan hangat sang penjaga bank.

Sejenak memutar dimensi waktu. Mulanya, bangunan tersebut merupakan rumah tinggal milik Josep Basuki Widodo Wignyosudarmo yang dibangun oleh orang Belanda sekitar tahun 1906-1910. Bangunan yang kental dengan sentuhan khas kolonial itu diketahui sempat beralih kepemilikan. Bahkan pernah dibeli oleh pedagang tembakau yang merupakan warga Tionghoa.

Seakan tak merelakan begitu saja dimiliki orang lain, pada 1946 bangunan kembali ke pangkuan keluarga Wignyosudarmo dengan dibeli oleh orang tua Josep Basuki Widodo Wignyosudarmo, yakni Kadar Wignyosudarmo. Kemudian selanjutnya pada 1967 bangunan itu diserahkan kembali kepada sang putra, Josep.

Setahun kemudian, Josep dan keluarga dikabarkan pindah tempat tinggal dan menempati rumah induk Kadar Wignyosudarmo di Dusun Dadapan, Sidoluhur, Godean. Dengan demikian, bangunan yang kini dimanfaatkan untuk bank pelat merah itu sempat tak dihuni selama beberapa waktu.

Namun kemudian bagian halaman selatan digunakan sebagai tempat pelatihan beladiri karate Perisai Sakti Mataram, yang pesertanya berasal dari daerah Godean dan sekitarnya.

Sempat tak dihuni oleh si pemilik, gedung dengan luas tanah bangunan kurang lebih 549 meter persegi serta dengan luas bangunan utama seluas sekitar 150 meter persegi ini akhirnya disewa oleh Bank BRI untuk digunakan sebagai kantor BRI Unit Godean pada 1988.

Tampak depan, bangunan yang memiliki atap berbentuk limasan ini merupakan perpaduan dengan bentuk balkon, sementara menilik fasad masih berdiri batuan asli dengan perpaduan jendela kaca dan halaman depan yang dibatasi pagar rendah dengan mempertahankan bentuk asli berupa pilar-pilar batu kali ekspose.

“Interior bangunan masih asli berupa ruangan luas yang dihubungkan pintu-pintu yang masih asli pula,” ujar Pjs l. Pemimpin Kantor Cabang BRI Sleman, Yogyakarta, Adytya Aji Pratama.

Menilik ke bagian belakang bangunan, terdapat halaman yang dibatasi dengan kamar-kamar kecil dan dapur di sisi barat dan utara, ditambah dengan beberapa pepohonan hijau menghiasi bangunan bagian tengah, suasana pun terasa kian teduh. Menapaki lantai di bangunan ini, pengunjung disuguhkan dengan corak ubin warna kuning gading, ubin berwarna semen muka basah, serta tangga kayu menuju ruang balkon yang masih asli. Begitu pula dengan atap tembok bagian depan bangunannya yang masih terjaga keasliannya.
 

Alih fungsi gedung

Pada awal 1978 hingga awal 1980 saat Josep menjabat Kepala Desa Sidoluhur, ia memberikan izin bangunan yang sempat tak berpenghuni itu dimanfaatkan sebagai mes atau tempat tinggal para petugas penyuluh pertanian lapangan yang bertugas di wilayah Sleman Barat, Sleman Tengah, dan Bantul.

Menjelajah pada periode 1980 hingga 1982, gedung ini juga sempat dialihfungsikan menjadi Kantor Pos Godean saat bangunan Kantor Pos Godean direnovasi. Sementara pada 1983 hingga 1987, gedung ini tidak digunakan untuk kegiatan apa pun alias kosong.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menelisik kantor bank cagar budaya bergaya indische di Godean
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024