Bupati: Kaum Rois punya peran penting dalam membimbing masyarakat

id Kaum Rois ,Pemberdayaan kaum Rois ,Membimbing masyarakat

Bupati: Kaum Rois punya peran penting dalam membimbing masyarakat

Kaum Rois di wilayah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Abdul Halim Muslih menyebut bahwa Kaum Rois (tokoh agama), sebagai pemimpin lokal dalam konteks Islam, memegang peran penting dalam membimbing dan mengelola masyarakat dengan berlandaskan nilai-nilai keadilan, kesetaraan, dan kesejahteraan.

"Kaum Rois dipercaya untuk menjaga keharmonisan dan ketertiban di lingkungan mereka, serta memastikan bahwa kebutuhan dasar masyarakat dipenuhi dengan adil dan merata," kata Abdul Halim pada acara Pemberdayaan Kaum Rois di Kabupaten Bantul, Selasa.

Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan kapasitas Kaum Rois dalam membimbing dan mengelola masyarakat, Pemkab Bantul melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda menyelenggarakan Pemberdayaan Kaum Rois di beberapa kelurahan se-Bantul, diantaranya di Kelurahan Terong, Dlingo.

Bupati mengatakan warga di Kelurahan Terong merupakan warga religius, memiliki pengetahuan tinggi terhadap agama. Hal ini terbukti banyaknya upacara keagamaan di desa. Namun, terkadang tidak semua warga memiliki kepercayaan diri bahwa doanya akan dikabulkan, maka di sinilah peran seorang Rois.

"Oleh karenanya saya berharap, apa yang sudah berjalan dengan baik di masyarakat agar terus dilestarikan sehingga masyarakat di Kabupaten Bantul tetap menjadi masyarakat yang agamis," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo mengatakan masyarakat di Kabupaten Bantul tidak hanya mengakui, tetapi juga merasakan bahwa Kaum Rois dapat membuat tenteram warga masyarakat.

Menurut dia, Kaum Rois memiliki jasa yang besar, tidak hanya membangun nilai-nilai ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT, akan tetapi juga menjadi kepanjangan tangan pemerintah di daerahnya masing-masing.

"Bahkan, masyarakat menilai bahwa Kaum Rois memiliki kapasitas dan kemampuan khususnya dalam menjalankan perintah-perintah agama sesuai syariat," katanya.

Oleh karena itu, Wabup Bantul berpesan kepada lembaga-lembaga keagamaan di Kabupaten Bantul untuk tetap selalu memperhatikan Kaum Rois, salah satunya dengan silaturahmi seperti pada kegiatan pemberdayaan Kaum Rois di kelurahan.*