Sleman selenggarakan pembinaan mental spiritual forum rois

id Forum rois Sleman ,Forum kamituwo Sleman ,Kabupaten Sleman ,Bupati Sleman

Sleman selenggarakan pembinaan mental spiritual forum rois

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. (ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Pembinaan mental spiritual bagi para rois dan kamituwo (kepala seksi pelayanan masyarakat di kelurahan) pada 5 dan 6 Februari 2024 di Jombang dan Surabaya, Jawa Timur.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas anggota kamituwo dan rois Kabupaten Sleman," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melalui pesan tertulis yang diterima di Sleman, Selasa.

Kaum Rois memegang peranan penting dalam menjadi penengah jika di dalam masyarakat terjadi konflik horizontal. Kaum Rois juga berperan dalam mewujudkan kerukunan dan ketentraman masyarakat karena menjadi ujung tombak kegiatan sosial dan keagamaan di masyarakat dalam berbagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat.

Kegiatan pembinaan ini diikuti oleh 267 orang yang terdiri dari 121 rois dan 72 kamituo dan didampingi langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Kustini mengatakan dengan melakukan studi tiru, diharapkan kamituwo dan rois Kabupaten Sleman dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rois dan 'kamituwo' yang sudah mewujudkan pelayanan yang baik di Kabupaten Sleman. Tentu saja pemerintah Kabupaten Sleman tidak bisa bergerak sendiri, maka dari itu mari kita tingkatkan sinergi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sleman. Dan diharapkan forum Rois segera dibentuk untuk tingkat kapanewon (kecamatan) maupun kalurahan (kelurahan)," katanya.

Bupati menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya dalam meningkatkan kesejahteraan rois. Untuk mendukung hal tersebut, Bupati Sleman mengajak OPD di Kabupaten Sleman untuk memberikan dukungan melalui kolaborasi dan sinergi positif bersama anggota rois dan kamituwo.

Ketua Forum Kamituwo Kalimasada Sleman Prasetyo Sujanarka mengatakan kegiatan momen pembinaan mental spiritual menjadi kesempatan baik untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas anggota kamituwo Sleman.

Ia mengingatkan anggota kamituwo untuk meningkatkan kesiapan diri dalam membantu menyelesaikan berbagai permasalahan sosial yang dapat terjadi kapan saja, seperti halnya kasus kenakalan remaja yang sering terjadi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Sleman yang telah berkenan untuk memfasilitasi dalam pertemuan ini. Semoga kegiatan penuh manfaat ini dapat ditingkatkan kembali terutama dalam pemberdayaan anggota," katanya.

Ketua Forum Rois Sleman Salamun berharap dengan pertemuan ini anggota Forum Rois Sleman dapat memiliki sistem manajemen yang lebih tertata dan diharapkan Forum Rois Sleman dapat tertib organisasi dan dapat menjalankan tugas dengan lebih baik.

"Kami harap dengan pertemuan ini juga dapat meningkatkan kualitas rois Sleman baik dari segi mental maupun spiritual," katanya.*
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024