Laju deforestasi Indonesia terendah ketimbang negara lain

id menteri lingkungan hidup dan kehutanan,menteri lhk,klhk,oslo,oslo tropical forest forum,deforestasi

Laju deforestasi Indonesia terendah ketimbang negara lain

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya (kiri) memberi pemaparan dalam pleno menteri di ajang Oslo Tropical Forest Forum 2024, Norwegia, Selasa (25/6/2024) (Antara/HO/KLHK)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di ajang Oslo Tropical Forest Forum 2024, Norwegia menegaskan laju deforestasi Indonesia saat ini merupakan yang terendah.

Menurut Menteri LHK dalam keterangannya di Jakarta, Kamis dari hasil analisis bersama yang dilakukan World Resources Institute (WRI) Global, Universitas Maryland, dan Kementerian LHK yang difasilitasi Norwegia menunjukkan laju deforestasi antara tahun 2022 dan 2023 hanya 0,13 juta hektar per tahun.

"Tinjauan yang dilakukan oleh World Resources Institute menegaskan bahwa laju deforestasi di Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, merupakan yang terendah sepanjang sejarah, melampaui negara-negara lain," kata Siti Nurbaya saat menjadi salah satu pembicara pada panel pleno Menteri Oslo Tropical Forest Forum 2024, Norwegia pada 25 Juni lalu.

Pada kesempatan tersebut, Menteri LHK juga menyampaikan komitmen pengurangan emisi melalui komitmen pencapaian NDC Indonesia.

Pendekatan Indonesia dalam mengelola sumber daya alam dan melaksanakan aksi iklim bersifat sistematis dan terintegrasi, mencakup 15 kelompok aksi iklim yang terangkum dalam Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030.

"Rencana ini mengikat secara hukum, bukan sekadar komitmen di atas kertas," katanya.

Pengurangan emisi Indonesia mencapai 47,3 persen pada 2020, kemudian 43,8 pada 2021, dan 41,6 persen pada 2022 dibandingkan dengan baseline tahunan, yang berada di sekitar target NDC sebesar 43,2 persen dengan kerja sama internasional dan jauh melebihi target kapasitas nasional sebesar 31,89 persen.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri LHK di Oslo tegaskan laju deforestasi Indonesia terendah