Pemkab Kulon Progo mengembangkan potensi wisata yang dikelola masyarakat

id Sambanggo,Kulon Progo

Pemkab Kulon Progo mengembangkan potensi wisata yang dikelola masyarakat

Penjabat Bupati Kulon Progo Srie Nurkyatsiwi memberikan bantuan alat kebersihan kepada pelaku wisata. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap mendampingi dan mengembangkan potensi wisata yang dikelola oleh masyarakat dan pelaku wisata yang diharapkan menggerakkan ekonomi masyarakat setempat.

Penjabat Bupati Kulon Progo Srie Nurkyatsiwi di Kulon Progo, Jumat, mengatakan pemkab berkomitmen untuk menjalin kolaborasi bersama antarpelaku wisata dan pihak terkait dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan potensi wisata di Kulon Progo.

"Yang paling penting adalah sebuah komitmen, pemerintah pasti akan mendukung sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Jadi kami pemerintah pasti akan menjawab suatu permasalahan, biar programnya tepat, sasarannya tepat," kata Siwi pada acara Sambanggo di Tegal Pule Banjararum,


Ia mengatakan pemkab akan terus mendukung dan mendampingi melalui program-program pariwisata yang ada, sesuai dengan kebutuhan masing-masing destinasi.

Untuk itu diharapkan juga kesiapan dari para pelaku wisata maupun masyarakat dalam rangka mendukung upaya-upaya tersebut.

"Itu kita tidak bisa sendiri-sendiri, harusnya saling sinergi, saya punya potensi apa di lain punya potensi apa, duduk bareng dilakukan pendampingan," kata Siwi.

Siwi berharap pelaku wisata juga mampu membranding atau mengemas pariwisata dengan baik mengikuti perkembangan yang ada untuk menarik minat wisatawan.

Selain itu, diharapkan juga dapat memanfaatkan produk-produk lokal yang ada menjadi nilai tambah dalam mendukung ekosistem pariwisata secara berkelanjutan.

"Itulah sebenarnya yang kita harapkan, keberlanjutan yang ujung-ujungnya adalah kesejahteraan masyarakatnya," kata Siwi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Joko Mursito mengatakan kegiatan Sambanggo bertujuan untuk membantu meningkatkan kembali pariwisata di Kulon Progo melalui fasilitasi peningkatan kinerja pariwisata pada masing-masing destinasi sasaran.

"Tegal Pule ini termasuk sudah lama ada dan coba kita gairahkan kembali," kata Joko.

Selain kegiatan gotong royong membersihkan lokasi wisata, dalam kegiatan ini juga turut disalurkan bantuan hibah untuk desa wisata sebesar Rp50 juta.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024