Wabup Sleman tegaskan upaya pengentasan kemiskinan jadi program prioritas

id Kersaku Sembada ,Wabup Sleman ,TKPK Kabupaten Sleman ,Pengentasan kemiskinan Sleman

Wabup Sleman tegaskan upaya pengentasan kemiskinan jadi program prioritas

Wabup Sleman Danang Maharsa saat memberikan arahan kepada peserta yang lolos program Kersaku Sembada yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin (1/7/2024). ANTARA/HO

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Danang Maharsa menegaskan upaya pengentasan kemiskinan menjadi program prioritas pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK).

"Akhir-akhir ini bermunculan isu badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menyeruak secara nasional. Kekhawatiran akan isu PHK tersebut melanda di DIY yang dikhawatirkan akan berdampak pada peningkatan angka kemiskinan," kata Danang Maharsa di Sleman, Selasa.

Dalam kondisi tersebut, lanjutnya, justru Pemkab Sleman melalui TKPK Sleman menyiapkan program berupa "Kersaku Sembada" atau kerja sambil kuliah di PT Chemco Haparan Nusantara bagi anak lulusan SMA sederajat yang berkependudukan di Kabupaten Sleman dari keluarga tidak mampu.

"Program tersebut telah berlangsung dan berdasarkan hasil penyeleksian sebanyak 60 orang dinyatakan lolos seleksi dan pada Senin (1/6) dilaksanakan tes kesehatan dan pengarahan bagi peserta," katanya.

Danang Maharsa yang sekaligus Ketua TKPK Kabupaten Sleman mengatakan pihaknya ingin memastikan keinginan dan tekat para peserta untuk bisa mandiri dan bersungguh-sungguh mengikuti program kerja sambil kuliah bagi lulusan SMA/SMK yang ada di Kabupaten Sleman.

"Program ini belum tentu ada di Kabupaten lainnya. Kita harus bersyukur Kabupaten Sleman diberikan kesempatan untuk bisa bekerja sama dengan PT Chemco. Kami harap peserta semuanya bersungguh-sungguh dalam mengikuti program ini," katanya.

Menurut dia, perumusan program tersebut telah dipertimbangkan mulai dari teknis pekerjaannya, asrama untuk anak-anaknya, serta uang saku yang nantinya akan didapatkan.

"Kami telah memastikan semuanya, tidak mungkin kami abai tentang nasib anak-anak ketika berangkat nantinya," kata Danang Maharsa.

Ia menekankan adanya program ini juga sebagai upaya dalam rangka memutus mata rantai kemiskinan yang ada di Kabupaten Sleman, dimana sebagian besar peserta yang lolos berasal dari kalangan keluarga tidak mampu.

"Inilah komitmen kami akan terus berupaya menghilangkan kemiskinan di Kabupaten Sleman. Salah satu caranya adalah memberikan lapangan pekerjaan. Jika masyarakat semuanya kerja, kami yakin angka kemiskinan bisa turun," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024