"Prambanan Merchandise Store" hadirkan produk UMKM lokal

id Prambanan Merchandise Store ,PT TWC ,IDM ,TWC Prambanan ,Candi Prambanan

"Prambanan Merchandise Store" hadirkan produk UMKM lokal

Salah satu gerai di Prambanan Merchandise Store yang berada di area Candi Prambanan. ANTARA/HO-PT TWC

Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWC) atau InJourney Destination Management (IDM) membuka Prambanan Merchandise Store atau gerai merchandise di area Taman Wisata Candi Prambanan dengan menghadirkan produk UMKM lokal.

"Prambanan Merchandise Store ini merupakan bagian dari visualisasi identitas destinasi," kata Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis InJourney Destination Management (IDM) Hetty Herawati di Sleman, Senin.

Menurut dia, sebagai World Heritage, kawasan Candi Prambanan juga merupakan sebuah cultural melting pot, sehingga cenderamata dan produk kerajinan dan kreasi jenama (brand) lokal terbaik harus dipresentasikan di sini.

"Prambanan Merchandise Store dapat memperkuat identitas destinasi wisata, sebagai wadah mempromosikan potensi kerajinan (craftsmanship), keunikan kuliner setempat, termasuk jenama lokal," katanya.

Ia mengatakan, Prambanan Merchandise Store ini merupakan misi IDM untuk mengemas dan mempromosikan produk UMKM terbaik di setiap destinasi yang dikelola IDM.

"Misi tersebut salah satunya melalui merchandise store," katanya.

Hetty mengatakan, Prambanan Merchandise Store terletak di lokasi strategis dekat dengan jalur keluar dan fasilitas restoran.

"Gerai merchandise ini menawarkan pengalaman berbelanja yang menyeluruh dan nyaman bagi para wisatawan,," katanya.

Ia mengatakan, berbagai cenderamata yang terkurasi serta value for money tersaji agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan buah tangan yang unik dan otentik dari kunjungan mereka ke destinasi Candi Prambanan.

"Pembukaan toko merchandise ini juga merupakan bagian dari komitmen IDM untuk mendukung pembangunan pariwisata berkelanjutan," katanya.

Melalui inisiatif ini, kata dia, IDM membina, mempromosikan dan mengembangkan potensi seni kerajinan dan budaya lokal melalui UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

"Kerja sama dengan Sarinah, Atsiri, dan Pasaraya Yogyakarta, menjadi bukti nyata upaya kami dalam memperluas jangkauan dan dampak positif bagi komunitas lokal," katanya.

Beberapa jenis produk yang saat ini dijual di Prambanan Merchandise Store meliputi kerajinan perak, kerajinan kulit, official merchandise Candi Prambanan, batik, dan berbagai jenis makanan ringan khas lokal.

Salah satu desain merchandise menarik adalah produk fesyen dan tumbler karya para penyandang autisme, hasil kerja sama IDM dengan yayasan Bina Abyakta, yaitu shelter workshop pendidikan penyandang autisme.

"Setiap produk dipilih dengan teliti untuk memastikan kualitas dan keunikan yang dapat membangkitkan kenangan indah dari kunjungan ke Candi Prambanan," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TWC hadirkan "Prambanan Merchandise Store" hadirkan produk UMKM lokal
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024