Gerakan Turun ke Sekolah mengubah budaya pendidikan memanusiakan di tanah air

id gerakan turun ke sekolah,mahasiswa,pendidikan

Gerakan Turun ke Sekolah mengubah budaya pendidikan memanusiakan di tanah air

Ilustrasi diskusi gerakan turun ke sekolah (GTS) yang digagas oleh Gerakan Sekolah Menyenangkan. ANTARA/HO-GSM

Jakarta (ANTARA) - Pendiri Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Muhammad Nur Rizal mengatakan Gerakan Turun ke Sekolah (GTS) bertujuan mengubah budaya pendidikan yang memanusiakan dan memberikan ruang kesetaraan.

“GTS merupakan wadah bagi anak muda untuk bisa ikut berkontribusi dalam perubahan pendidikan di Indonesia dengan cara turun ke sekolah. GTS telah dilaksanakan sebanyak dua angkatan, yang mana angkatan satu pada Maret-April 2024 dan angkatan dua pada Juli 2024,” ujar Muhammad Nur Rizal dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan apa yang membedakan GTS dengan gerakan-gerakan yang sebelumnya, salah satunya adalah GTS yang lebih berfokus pada pemaksimalan potensi anak muda. GTS digagas oleh GSM dan diharapkan mampu menjadi solusi atas persoalan kesenjangan pada anak muda di era sekarang yang dapat dirangkum menjadi tiga, yaitu kesenjangan sosial, kesenjangan spiritual, dan kesenjangan ekologi.

“Kesenjangan sosial terjadi ketika ada perbedaan antara dirinya dengan orang lain yang biasanya kerap muncul. Contoh kesenjangannya adalah ketika di dalam rentang umur yang sama terdapat orang-orang yang seakan bernasib amat baik dengan kekayaan materialnya, tetapi di sisi lain juga ada mereka yang dianggap “kurang beruntung” dan harus berjuang secara keras tanpa jaminan akan berujung pada hasil yang sama. Dampaknya adalah timbul polarisasi, bullying, kekerasan, hingga keterbelahan sosial yang parah di masyarakat kita,” jelas dia.

Rizal juga menyoroti adanya kesenjangan spiritual pada anak muda zaman sekarang, yang mana adanya gap antara dirinya di saat ini dengan dirinya di masa depan. Hilangnya jati diri, berakibat pada anak muda yang kehilangan atas eksistensi diri dan kemampuan untuk mengendalikan diri.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gerakan turun ke sekolah ubah budaya pendidikan yang memanusiakan