Partai Demokrat usung 108 bakal calon di Pilkada 2024, termasuk istri dan anak menteri

id Partai Demokrat,bakal calon kepala daerah,bakal calon bupati,istri azwar anas,menpan rb,bupati kediri,anak menseskab,pil

Partai Demokrat usung 108 bakal calon di Pilkada 2024, termasuk istri dan anak menteri

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (dua kiri) menyerahkan surat rekomendasi partai untuk bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati untuk Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani (kiri) dan Mujiono (tiga kiri), di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (8/8/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - DPP Partai Demokrat mengumumkan dukungannya terhadap bakal calon kepala daerah untuk maju Pilkada 2024 di 108 kabupaten/kota, termasuk di antaranya istri Menteri PAN-RB Azwar Anas dan anak dari Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), didampingi oleh Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsya dan Bendahara Umum Renville Antonio, menyerahkan surat rekomendasi partai untuk bakal calon kepala daerah di 108 kabupaten/kota itu dalam satu acara yang sama di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis.

AHY saat menyerahkan surat rekomendasi itu menjelaskan mereka yang didukung partai telah melewati serangkaian tahap penilaian.

"Tentu (mereka didukung) setelah melewati berbagai proses dan tahapan yang menjadi kewajiban kami mencari untuk bisa melihat potensi, kans kemenangan dari masing-masing kandidat,” kata AHY.

Dari 108 nama bakal calon kepala daerah yang didukung Demokrat, dua nama menjadi sorotan, yaitu pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dan Mujiono. Ipuk merupakan istri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas, yang merupakan kader PDI Perjuangan.

Sementara itu, nama lainnya yang juga menjadi sorotan, bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Kediri, Hanindito Himawan Pramana dan Dewi Maria Ulfa. Hanindito, yang merupakan petahana yang menjabat untuk periode 2021–2024.

Dia merupakan anak dari Menseskab Pramono Anung, yang juga merupakan kader PDI Perjuangan.

Terkait nama-nama bakal calon yang merupakan kader partai lain, AHY menyebut itu merupakan wujud kerja sama partainya dengan partai lain di Pilkada 2024.

“Kami berkoalisi dengan semua partai di tingkatan, dan tentunya kami berharap bahwa mereka semua bisa langsung menyusun langkah-langkah taktis selanjutnya, strategi dan juga menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk bisa masuk masa kampanye dalam memenangkan Pilkada,” kata AHY.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Demokrat dukung 108 bakal calon, termasuk istri dan anak menteri
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024