Bupati ajak masyarakat memaknai kemerdekaan dengan ikut membangun Sleman

id Bupati Sleman ,HUT ke-79 RI ,Kabupaten Sleman

Bupati ajak masyarakat memaknai kemerdekaan dengan ikut membangun Sleman

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melakukan pemotongan tumpeng pada Resepsi Kenegaraan peringatan HUT ke-79 RI di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Minggu (18/8/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo mengajak seluruh masyarakat di wilayah itu untuk memaknai peringatan Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia dengan turut membangun kabupaten setempat dengan semangat kemerdekaan.

"Mari kita bersama- sama kembali menggelorakan semangat kemerdekaan dalam upaya mengisi pembangunan, terutama di Kabupaten Sleman ini," kata Kustini di Sleman, Senin.

Ia juga mengajak masyarakat memaknai perjuangan meraih kemerdekaan yang tergambar dalam sengkalan tahun 1945, yakni Bajraning Pakarti Pambukaning Agesang yang bermakna perjuangan dalam mencapai kehidupan berbangsa yang merdeka.

"Di masa sekarang, perjuangan meraih kemerdekaan harus terus dilanjutkan agar dapat mengisi kemerdekaan, meraih kemajuan, dan kesejahteraan seluruh masyarakat Sleman," katanya.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sleman diakhiri dengan penyelenggaraan Resepsi Kenegaraan pada Minggu, (18/8) malam di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman.

Dalam acara tersebut dimeriahkan dengan penayangan video Sleman Melawan Lupa 3 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, penampilan tari Ryo Manggala binaan Dinas Kebudayaan dan penampilan musik oleh Afia Sonia Gelsi, pemenang Sleman Got Talent 2024.

Bupati Sleman pada malam tersebut juga melakukan prosesi potong tumpeng yang diberikan kepada perwakilan panitia HUT Ke-79 RI Kabupaten Sleman.

Kustini mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-79 RI di Kabupaten Sleman.

Wakil Ketua Panitia Peringatan HUT ke-79 RI Kabupaten Sleman Heru Saptono mengatakan sejumlah rangkaian kegiatan telah dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Di antaranya Pelatihan dan Karantinan Paskibraka, Pengukuhan Paskibraka, Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dan Penyampaian Remisi, Menyaksikan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-79 Istana Negara IKN secara daring.

Kemudian, Aubade dan Upacara Penurunan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih serta Resepsi Kenegaraan.

"Juga dilaksanakan kegiatan pendukung, yakni Pemberian Santunan untuk 470 anak yatim, penyerahan bantuan sosial 400 paket sembako, bantuan bagi 17 rumah tidak layak huni (RTLH), bantuan tas dan peralatan sekolah bagi siswa SD dan SMP sebanyak 1.000 paket dan sejumlah agenda lain," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024