BRIN ungkap Baznas berkontribusi dalam pengembangan riset dan inovasi

id BRIN,Baznas,dana ZIS,pemberdayaan umat,pemberdayaan masyarakat,upz

BRIN ungkap Baznas berkontribusi dalam pengembangan riset dan inovasi

Ilustrasi: Kepala BRIN Laksana Tri Handoko (kanan) dan Ketua Baznas RI Noor Achmad (kiri) dalam peluncuran Beasiswa Riset Baznas 2024 di Jakarta, Selasa (27/8/2024). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI telah berkontribusi bagi pengembangan riset dan inovasi di Indonesia.

"Baznas sangat membantu kami dalam mengelola UPZ BRIN karena tidak hanya memberikan standar kelayakan mustahik dan rekomendasi program, tapi juga pendampingan atau asistensi kepada kami dalam mendistribusikan zakat," kata Kepala Harian UPZ BRIN Iwan Ridwan Stiaji melalui keterangan di Jakarta, Kamis.

Selain melalui asistensi dalam pengelolaan zakat di UPZ BRIN, Iwan mengungkapkan selama ini kerja sama antara Baznas-BRIN sangat baik melalui Program Beasiswa Riset.

UPZ BRIN, kata dia, sebagai lembaga riset memfokuskan pendistribusian bantuan untuk beasiswa pendidikan dan riset pengembangan pendidikan di Indonesia.



"Karakteristiknya kami lembaga riset ya, jadi lebih fokus ke bantuan, misalnya beasiswa pendidikan, dan ini kami fokuskan untuk keluarga besar BRIN yang mungkin anak-anaknya mereka memiliki kendala biaya. Jadi, kami coba bantu untuk SPP-nya atau yang lainnya, mereka ini di lembaga riset tapi anaknya putus sekolah itu kan ironis ya," ujarnya.

Meski demikian, kata Iwan, pihaknya juga tetap berkontribusi dalam menyalurkan bantuan tanggap bencana, kesehatan, dan dakwah.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UPZ BRIN: Baznas berkontribusi dalam pengembangan riset dan inovasi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024