Guru SD/MI Kota Semarang antusias belajar matematika bersama Master Setiawan

id guru,matematika

Guru SD/MI Kota Semarang antusias belajar matematika bersama Master Setiawan

Pendiri Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Matematika Indonesia Setiawan yang akrab disapa Master Setiawan menjadi pembicara pada Seminar Nasional Matematika Indonesia, di Semarang, Sabtu (7/9/2024) (ANTARA/HO-LKP MI)

Yogyakarta (ANTARA) - Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan.

Oleh karena itu, guru harus mampu mengubah pola pikir tersebut dengan memberikan motivasi dan mengajar menggunakan metode belajar matematika yang menarik serta menyenangkan.

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Matematika Indonesia kembali menggelar Seminar Nasional Matematika Indonesia di Quest Hotel Simpang Lima Semarang, Sabtu (7/9) yang diikuti oleh 148 peserta meliputi kepala sekolah, kepala madrasah maupun guru kelas, guru mapel tingkat SD/MI se-Kota Semarang.

Narasumber Seminar Nasional Matematika Indonesia Setiawan SM, MSi, MH yang akrab disapa Master Setiawan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai peningkatan dan penguatan kompetensi mata pelajaran matematika khususnya bagi kepala sekolah dan guru di Kota Semarang.

"Seminar ini memberikan metode pembelajaran matematika dengan cara cepat, mudah, asyik, menyenangkan serta memberikan wawasan baru mengenai metode belajar matematika. Saya berharap ilmu yang telah diperoleh dapat diterapkan kepada siswa-siswinya di sekolah/madrasah. Seminar ini juga merupakan upaya untuk peningkatan numerasi maupun kompetensi bagi para guru khususnya di bidang matematika," ucap Setiawan.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang dan Kabid Pembinaan SMP.

Peserta sangat antusias dengan materi yang disampaikan oleh narasumber. Seminar dikemas secara profesional dan tidak membosankan dengan diselingi berbagai lagu maupun permainan.

Peserta yang absensi pertama kali tidak luput dari perhatian penyelenggara dan mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Ia adalah Munif Huda Mustofa SPd peserta dari SDN Cangkiran 02 Kecamatan Mijen yang absensi pertama kali pukul 06.25 WIB dan dinyatakan sebagai peserta terdisiplin.

Amalia Nur Fitriyani MPd, peserta dari MI Baitul Huda Klampisan Kecamatan Ngaliyan dalam testimoni tertulisnya menyampaikan bahwa dengan mengikuti seminar ini merasa puas dan senang.

"Saya selaku guru matematika merasa puas dan senang atas ilmu yang diberikan oleh Pak Setiawan dan tim. Matematika jadi lebih happy, mengerjakan soal dengan cepat dan tepat," tulis Amalia. 

Sinta Lailalailatussaniah, guru kelas 5 dari MI Mangunharjo Kecamatan Tembalang menyampaikan bahwa kegiatan seminar matematika menyenangkan dan memudahkan dalam memahaminya karena triknya dijelaskan dengan detail, singkat, padat, dan jelas.

Amoempoeni SPd, guru kelas 6 dari SDN Srondol Kulon 01 Kecamatan Banyumanik menuliskan bahwa sangat senang mengikuti seminar ini, karena mendapatkan ilmu baru atau cara baru yang belum pernah didapatkan.

Saadatun SPdI, MPdI, guru kelas 4 dari Mi Gisikdrono Semarang Kecamatan Semarang Barat menyampaikan bahwa pelatihan matematika yang dipandu Master Setiawan luar biasa mudahnya membuka persepsi matematika sulit jadi mudah.