BMKG ajak nelayan memanfaatkan aplikasi INA-WIS demi keamanan

id bmkg,ina wis,slcn,aplikasi nelayan,bmkg balikpapan,nelayan balikpapan,Indonesian Weather Information for Shipping

BMKG ajak nelayan memanfaatkan aplikasi INA-WIS demi keamanan

Direktur Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo (kanan) dan Sekkab Kukar Sunggono (kiri) saat pembukaan sekolah lapang bagi nelayan di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kukar, Kaltim. (Antara/ HO BMKG Balikpapan)

Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengajak para nelayan memanfaatkan aplikasi INA-WIS, sebuah informasi cuaca maritim interaktif yang dapat digunakan nelayan demi keamanan dan keselamatan, atau setidaknya dapat mengurangi risiko kecelakaan saat melaut.

"BMKG memiliki aplikasi Indonesian Weather Information for Shipping (INA-WIS). Aplikasi ini dibuat sebagai acuan bagi nelayan untuk melaut dan mencari ikan. Silahkan unduh aplikasinya dan belajar menggunakan," kata Direktur Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim),  Selasa.

Melalui aplikasi INA-WIS, lanjutnya, dapat membantu nelayan melihat prediksi cuaca, sehingga harapannya mengurangi risiko kecelakaan laut yang mungkin saja terjadi.

"Informasi cuaca maritim sangat krusial bagi nelayan, sehingga dengan memahami kondisi cuaca maka akan dapat mengurangi risiko kecelakaan, meningkatkan hasil tangkapan, dan menjaga keselamatan jiwa," ujarnya.

Sebelumnya saat Stasiun Meteorologi Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, mengadakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) bagi 100 nelayan di Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Eko juga mengajak para nelayan menggunakan aplikasi tersebut.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG ajak nelayan manfaatkan aplikasi INA-WIS demi keamanan di laut