Tips diet sehat dan aman untuk menurunkan berat badan dari Organisasi Kesehatan PAFI

id pafi,diet sehat,berat badan

Tips diet sehat dan aman untuk menurunkan berat badan dari Organisasi Kesehatan PAFI

Foto ilustrasi (ANTARA/HO-freepik dari Freepik)

Yogyakarta (ANTARA) - Berbicara tentang kesehatan, berat badan berlebih dapat membuat penampilan seseorang menjadi kurang menarik untuk dilihat, begitu pula dengan dampaknya terhadap kesehatan. 

Diet untuk menurunkan berat badan penting dilakukan. Diet adalah aktivitas untuk turunkan berat badan yang banyak
jenisnya, mulai dari diet vegan hingga diet karbohidrat.

Salah satu cabang organisasi kesehatan yaitu PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Kabupaten Tulung Agung dengan alamat website pafitulungagung.org menjelaskan bahwa diet adalah pengaturan asupan makanan yang dilakukan seseorang dengan tujuan tertentu, seperti menurunkan, mempertahankan, atau menambah berat badan, serta untuk mencegah dan mengobati penyakit tertentu. 

Sedang menurut PAFI Kota Tual pafipctual.org diet merupakan usaha dilakukan oleh seseorang yang mengalami obesitas atau
ingin mencapai berat badan ideal. Pola makan yang teratur dan sehat dapat membantu mencegah penyakit seperti diabetes dan hipertensi.

Dalam melakukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat diet, PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) melakukan riset mendalam tentang manfaat dan apa saja cara diet yang baik agar tubuh tetap sehat. Kemudian, apa saja makanan sederhana yang cocok bagi seseorang yang ingin memulai pola hidup sehat dengan menerapkan diet.

Apa saja manfaat diet bagi kesehatan tubuh?
 
Foto ilustrasi (ANTARA/HO-freepik dari Freepik)

Diet adalah cara mengurangi berat badan dengan cara yang sehat untuk di terapkan. Diet yang sehat memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari menerapkan pola makan yang
sehat:

1. Menurunkan risiko penyakit serius
Pola makan yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker. Ini karena makanan bergizi membantu menjaga kesehatan jantung dan mengatur kadar gula darah.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Diet yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, yang berkontribusi pada Kesehatan jantung yang lebih baik.

3. Mendukung berat badan yang sehat
Mengonsumsi makanan yang rendah kalori namun kaya nutrisi membantu menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas. Ini penting untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan kelebihan berat badan34.

4. Meningkatkan energi lebih baik pada tubuh
Makanan sehat memberikan energi yang lebih stabil dibandingkan dengan makanan tinggi gula, yang sering menyebabkan lonjakan dan penurunan energi. Karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat membantu menjaga tingkat energi sepanjang hari.

5. Meningkatkan mood dan kesehatan mental
Nutrisi yang baik berpengaruh positif terhadap suasana hati dan Kesehatan mental. Pola makan seimbang dapat meningkatkan produksi serotonin, hormone yang berperan dalam perasaan bahagia.

6. Memperkuat sistem imun
Diet kaya akan vitamin dan mineral dari buah-buahan dan sayuran dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat pemulihan ketika sakit.

7. Mendukung kesehatan tulang dan gigi
Nutrisi seperti kalsium dan vitamin D sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis di kemudian hari. Dengan mengadopsi pola makan yang sehat, Anda tidak hanya dapat meningkatkan kualitas hidup tetapi juga berinvestasi dalam kesehatan jangka panjang.

Apa saja menu makanan sehat untuk diet?
 
Foto ilustrasi (ANTARA/HO-freepik dari Freepik)

Adapun beberapa menu sehat bagi Anda yang sedang ingin melakukan diet sehat yaitu:

1. Menu sarapan oatmeal tanpa karbohidrat berlebih
Oatmeal adalah menu makan sehat karena kaya serat dan protein, oatmeal dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Telur rebus juga bisa menjadi sumber alternatif protein yang baik dan rendah kalori. Menu sarapan yang sehat lainnya bisa Anda coba juga yaitu Yogurt karena mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan, bisa ditambahkan madu atau buah.

2. Menu makan siang tanpa minyak
Untuk menu makan siang yang sehat, Anda bisa mencoba salad sayur. Salah sayur adalah campuran sayuran segar seperti bayam, selada, dan tomat, ditambah sedikit minyak zaitun. Alternatifnya Anda bisa mencoba menu nasi merah karena lebih sehat daripada nasi putih biasa.

3. Makan malam tanpa nasi
Brokoli atau kentang rebus bisa menjadi menu alternatif pilihan untuk makan malam. Menu ini merupakan sayuran rendah kalori yang kaya nutrisi dan serat.

Selain itu kentang rebus menjadi sumber karbohidrat kompleks yang mengenyangkan.

Adapun tips tambahan, pastikan juga Anda memperbanyak konsumsi air putih untuk menjaga hidrasi dan membantu proses metabolisme.