Desa Wisata Jelok gelar lomba perahu kano

id Perahu Kano

Desa Wisata Jelok gelar lomba perahu kano

Perahu kano melintasi sungai di Desa Wisata Jelok (Foto indah-harwanti.blogspot.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Desa Wisata Jelok Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,Kamis menggelar lomba perahu kano untuk menarik wisatawan berkunjung ke desa wisata.

Ketua Karang Taruna Dusun Jelok Sukriyanto di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan lomba perahu kano ini diikuti warga sekitar, sementara sejumlah wisatawan yang berkunjung ditawarkan bermain perahu kano.Lomba berlangsung di Sungai Oya sekitar 11.00 WIB yang airnya mengalir deras.

"Lomba ini salah satu cara untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata yang terkenal dengan alamnya yang indah ini,"katanya.

Ia mengatakan peserta lomba perahu kano berasal dari warga Jelok. Pesertanya ada 50 orang terbagi dalam beberapa kelompok. Setiap peserta dikenai biaya pendaftaran masing-masing orang Rp5.000.

Agar lebih menarik, perlombaan mendayung perahu Kano dibagi dalam tiga grup.

"Panjang lintasan lomba sekitar limaratus meter. Ini menjadi tantangan bagi penggemar perahu kano. Derasnya gelombang Sungai Oya memacu adrenalin,"kata dia.

Ia mengatakan semua peserta merupakan perwakilan dari enam dusun se-Desa Beji.

"Menyusuri Sungai Oya dengan kano masih menjadi andalan untuk menawarkan keindahan alam desa dan keramahan penduduk khas Gunung Kidul,"kata dia.

Menurut dia perlombaan tersebut memperebutkan hadiah berupa kambing dari Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi itu, tidak hanya diikuti oleh kaum lelaki namun juga diikuti kaum wanita. Salah satu peserta wanita Rubiya (40) yang berpasangan dengan Reni (30).

"Kalah menang urusan belakangan, yang penting bahagia. Pegang perahu kano juga baru sekali ini seumur hidup saya," kata Rubiya .

(KR-STR)